Jokowi Yakin Porang Jadi Pangan Masa Depan, Begini Penjelasan Pakar IPB

Kompas.com - 26/08/2021, 10:03 WIB


KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, porang bakal menjadi tanaman pangan yang menjanjikan di masa depan, dan bisa jadi pengganti beras.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meninjau pabrik pengolahan porang di Madiun, Jawa Timur, sebagaimana diberitakan Kompas.com, pada Kamis (19/8/2021).

"Porang ini akan menjadi makanan masa depan karena low calory, low carbon, dan juga rendah kadar gula, bebas kadar gula, saya kira ini menjadi makanan sehat ke depan," kata Jokowi.

Selain dianggap sebagai makanan sehat di masa depan, porang juga diyakini Jokowi akan bisa dimanfaatkan untuk menggantikan konsumsi pangan beras.

"Ini juga bisa menjadi pengganti beras yang lebih sehat karena kadar gulanya sangat rendah," ujarnya.

Dengan berbagai keunggulan dan manfaat porang tersebut, Jokowi menambahkan bahwa peluang pasar untuk tanaman porang masih terbuka lebar. Ia pun memerintahkan agar Menteri Pertanian untuk betul-betul serius menggarap komoditas baru ini.

Baca juga: Kenapa Harga Tanaman Porang Mahal? Ini 6 Alasannya Menurut Pakar IPB

 

Lantas, seperti keyakinan Presiden Jokowi, benarkah Porang benar-benar bisa menjadi sumber bahan pangan pengganti beras di masa depan?

Menanggapi pernyataan yang dikeluarkan oleh Presiden Joko Widodo tersebut, Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Edi Santosa S.P M.SI pun angkat bicara.

Menurut Edi, apa yang disampaikan oleh Presiden Joko Widodo merupakan gagasan yang luar biasa.

"Saya kira luar biasa ya, bahwa presiden sudah memikirkan pangan masa depan," kata Edi kepada Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Ia menambahkan bahwa gagasan tersebut sebenarnya juga sudah dipikirkan oleh para sejawat di perguruan tinggi.

"Kita di kampus juga memikirkan hal yang sama, klop betul," ujarnya menanggapi gagasan Jokowi tentang potensi porang sebagai tanaman pangan masa depan.

Baca juga: Harga Tanaman Porang Mahal, Pakar IPB Ingatkan Awas Cuma Euforia

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.