Kompas.com - 24/08/2021, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya peneliti memfilmkan seekor kura-kura raksasa (Aldabrachelys gigantea) yang memangsa anak burung.

Kejadian ini mengagetkan peneliti karena sebelumnya mereka belum pernah melihat kura-kura yang berburu mangsa.

"Saya tak percaya apa yang saya lihat. Itu mengerikan sekaligus menakjubkan di saat yang bersamaan," ungkap Justin Gerlach, ahli biologi dari University of Cambridge, seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (24/8/2021).

Baca juga: Mengapa Kura-kura Berumur Panjang hingga Ratusan Tahun?

Dokumentasi itu sendiri diambil di Pulau Frégate di kepulauan Seychelles. Video kemudian menunjukkan seekor kura-kura raksasa betina perlahan-lahan mendekati anak burung noddy tern (Anous tenuirostris) yang tidak bisa terbang. Hingga akhirnya berhasil mendapatkan buruannya itu.

Video perburuan kura-kura berdurasi 7 menit ini diambil oleh Anna Zora, wakil manajer konservasi dan keberlanjutan di Fregate Island Foundation ini.

Meski cukup singkat, tetapi menurut Gerlach adegan kura-kura itu secara tegas menunjukkan serangan yang disengaja dan diperhitungkan dari kura-kura.

"Kura-kura melihat langsung ke arah burung laut dan berjalan dengan sengaja ke arahya. Ini sangat, sangat aneh, dan sama sekali berbeda dari perilaku kura-kura normal," kata Gerlach.

Selain itu, kura-kura seperti A.gigantea mayoritas merupakan herbivora.

Meski demikian, mengutip Live Science, kura-kura terkadang memakan bangkai yang kemungkinan merupakan sumber protein yang berguna.

Peneliti juga menjelaskan, walaupun moncong bergerigi kura-kura tak beradaptasi untuk mengigit atau mengunyah daging, jika berhasil menelan seluruh hewan, mereka masih bisa mencerna dagingnya.

Kura-kura juga telah diamati mengunyah tulang dan cangkang siput yang memberikan kalsium pada hewan tersebut.

Baca juga: Pertama Kali, Telur dan Embrio Kura-kura Raksasa Berusia 90 Juta Tahun Teridentifikasi

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.