Kompas.com - 24/08/2021, 12:01 WIB
Kepulauan Wayag di Raja Ampat, Papua Barat, tempat terumbu karang dan aneka macam ikan. Surga keanekaragaman hayati di Indonesia. SHUTTERSTOCK / ETHAN DANIELSKepulauan Wayag di Raja Ampat, Papua Barat, tempat terumbu karang dan aneka macam ikan. Surga keanekaragaman hayati di Indonesia.


KOMPAS.com - Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman hayati yang begitu besar. Karenanya, terdapat tantangan yang dihadapi dalam upaya pemberdayaan keanekaragaman hayati yang dimiliki.

Hal tersebut disampaikan oleh Prof. Dr. Endang Sukara, Peneliti dan Ahli Kajian Mikrobiologui dan Biodiversitas dalam acara LIPI Sarwono Award XIX, Senin (23/8/2021).

"Tantangan besar yang kita hadapi sehubungan dengan kekayaan alam dan sumber daya alam hayati, itu pastinya kita masih sangat jauh dari kata cukup untuk bisa membaca keanekaragaman hayati itu sampai ke genetik molekuler atau metabolit-metabolit yang dihasilkan," kata Prof. Endang.

Menurutnya, tanpa mengetahui material genetik dan metabolik dalam keanekaragaman hayati yang dihasilkan oleh makhluk hidup, mungkin manusia tidak akan bisa mendapatkan manfaat yang lebih.

Prof. Endang mengatakan bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa sehingga harus diikuti oleh ilmu pengetahuan di dalamnya.

Baca juga: Keanekaragaman Indonesia Peringkat Pertama Pusat Biodiversitas Dunia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Keanekaragaman hayati sangat diperlukan untuk pembangunan berkelanjutan masa depan Indonesia.

Untuk itu, penelitian harus dilakukan agar mampu mendapatkan manfaat yang baik tanpa merusak lingkungan.

"Oleh karena itu, harus dikonservasi. Harus dilakukan studi yang mendalam." tegas Prof. Endang.

Bersama dengan Prof. Dr. Dwi Listyo Rahayu, Prof. Endang dinobatkan sebagai penerima penghargaan LIPI Sarwono Award ke-19 tahun 2021.

Pria kelahiran Tasikmalaya 9 September 1952 ini telah mendedikasikan separuh hidupnya untuk meneliti keanekaragaman hayati (biodiversitas) di Indonesia.

Baca juga: Ikan Asing Sumber Kerusakan Keanekaragaman Hayati Indonesia, Mengapa?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.