Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman Aglonema Merah Satu-satunya di Dunia Ada di Hutan Sumatera

Kompas.com - 24/08/2021, 10:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Pesona aglonema merah mulai menjadi daya tarik bagi para pecinta tanaman hias. Namun, ternyata aglonema merah yang banyak dibudidayakan adalah jenis hibrida, sedangkan tumbuhan aslinya disebut satu-satunya di dunia dan itu hanya ada di hutan Sumatera.

Peneliti Araceae dari Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dra. Yuzammi, M.Sc mengatakan bahwa semua tanaman aglaonema atau yang lebih dikenal dengan aglonema dengan daun warna merah adalah hasil hibridisasi atau kawin silang.

Hasil persilangan tanaman hias ini, biasanya diberi nama sesuai yang diinginkan oleh orang yang membudidayakannya.

Misalnya, Aglaonema siam aurora, atau lebih populer dikenal sebagai aglonema lipstik siam aurora.

"Kalo kita bicara nama jenis, maka artinya adalah tumbuhan asli yang berasal dari alam dan tidak ada campur tangan manusia dalam warna yang ada, misalnya Aglaonema pictum dan lain sebagainya," papar Yuzammi saat dihubungi Kompas.com, Senin (23/8/2021).

"Perlu saya luruskan disini, bahwa pemberi warna merah pada Aglaonema (aglonema merah) hasil silangan berasal dari Aglaonema rotundum," kata Yuzammi.

Baca juga: Aglonema Merah Ternyata Bukan Spesies Tanaman Asli, Ini Penjelasan Peneliti LIPI

 

Sebab, kebanyakan tanaman aglonema memiliki daun berwarna hijau atau campuran hijau dengan putih, atau cenderung warna abu dan bukan warna merah.

Yuzammi mengatakan bahwa Aglaonema rotundum adalah spesies tumbuhan asli Indonesia dan hanya ditemukan di kawasan hutan Sumatera Utara. Aglonema ini adalah tumbuhan endemik Pulau Sumatera.

"Aglaonema rotundum adalah satu-satunya aglonema berdaun merah yang ada di dunia. Nah, bagi para breeder (pembudidaya), maka dikawinkanlah Aglaonema rotundum ini dengan jenis-jenis Aglaonema yang lainnya," ungkap Yuzammi.

Selanjutnya, hasil dari kawin silang tanaman hias ini, kemudian akan didapatkan hibrida-hibrida tanaman aglonema yang membawa warna merah.

Aglaonema rotundum tanaman langka

Aglonema berdaun merah yang merupakan asli tanaman hutan Sumatera, kata Yuzammi, adalah spesies tumbuhan yang langka.

Baca juga: 3 Tanaman Begonia Baru Endemik Sulawesi, Ada yang Spesies Langka di Asia

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com