Kompas.com - 23/08/2021, 17:30 WIB

KOMPAS.comDinosaurus adalah salah satu binatang purba yang telah punah. Nama dinosaurus sendiri dimulai sejak tahun 1842 oleh seorang ahli biologi asal Inggris Sir Richard Owen.

Dinosaurus berasal dari bahasa Yunani, deinos yang berarti mengerikan dan saurus yang berarti kadal. Maka jika diartikan utuh, dinosaurus adalah kadal yang mengerikan.

Anda mungkin sering mendengar T-rex, Triceratop atau Stegosaurus. Padahal, jenis dinosaurus dan namanya ada banyak.

Jenis dinosaurus bisa dibagi menjadi berbagai jenis menurut nama, spesies, makanan, dan pada masa apa mereka hidup. Pembagian ini disebut klasifikasi.

Baca juga: Peneliti Temukan Asal Asteroid yang Musnahkan Dinosaurus 66 Juta Tahun Lalu

Theropods

Tyrannosaurus atau T-rexShutterstock Tyrannosaurus atau T-rex

Theropods termasuk kelompok Saurischia, yaitu dinosarurus yang memiliki bentuk panggul seperti kadal. Kelompok ini memiliki ciri khas, yaitu pemakan daging, kaki yang besar dan kuat, serta memiliki tangan yang pendek.

Beberapa contoh Theropods adalah Albertosaurus, Allosaurus, Coelophysis, Deinonychus, Oviraptor, Spinosaurus, Tyrannosaurus, dan Velociraptor.

Sauropods

DiplodocusShutterstock Diplodocus

Sauropods masih termasuk ke dalam kelompok Saurischia. Berbeda dengan jenis sebelumnya, Sauropods adalah pemakan tanaman. Ciri khas kelompok ini adalah memiliki leher yang panjang, ekor yang panjang, dan berjalan dengan empat kaki.

Contoh Sauropods adalah Brachiosaurus, Diplodocus, Giraffatitan, Jobaria, dan Seismosaurus.

Baca juga: Jika Asteroid Tidak Menghantam Bumi, Apa Dinosaurus Tetap Ada?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.