Kompas.com - 23/08/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi radiasi matahari menjadi penyebab terbentuknya nanopartikel besi di Bulan. Studi baru ungkap bukti radiasi matahari memecah partikel besi di satelit Bumi. SHUTTERSTOCK/Lia KoltyrinaIlustrasi radiasi matahari menjadi penyebab terbentuknya nanopartikel besi di Bulan. Studi baru ungkap bukti radiasi matahari memecah partikel besi di satelit Bumi.

KOMPAS.com - Tidak seperti di Bumi, partikel-partikel besi berukuran nano banyak ditemukan di Bulan. Dalam studi baru, ilmuwan telah menemukan bukti bagaimana radiasi matahari membentuk nanopartikel besi tersebut.

Studi ini dipimpin oleh kandidat doktor dari Northern Arizona University, Christian J. Tai Udovicic.

Ia berkolaborasi dengan profesor Christopher Edwards, dan keduanya merupakan ilmuwan planet di Department of Astronomy and Planetary Science di Northern Arizona University.

Dalam studi yang telah dipublikasikan di jurnal Geophysical Research Letters, para ilmuwan ini menemukan bahwa radiasi matahari bisa menjadi sumber yang lebih penting dari pembentukan nanopartikel besi bulan.

Dilansir dari Phys, Sabtu (21/8/2021), dampak asteroid dan radiasi matahari memengaruhi bulan dengan cara yang unik.

Sebab, seperti diketahui satelit alami Bumi ini tidak memiliki medan magnet pelindung dan atmosfer, seperti yang dimiliki Bumi.