Kompas.com - 23/08/2021, 07:00 WIB
Riset terbaru tentang Covid-19, termasuk temuan gerbang masuknya virus ke sel tubuh hingga serba-serbi fenomena bulan biru jadi berita populer Sains. Kompas.comRiset terbaru tentang Covid-19, termasuk temuan gerbang masuknya virus ke sel tubuh hingga serba-serbi fenomena bulan biru jadi berita populer Sains.

KOMPAS.com - Di akhir pekan ini, 21-22 Agustus 2021, ada sejumlah berita populer Sains yang banyak dibaca.

Salah satunya adalah temuan tentang glycans atau molekul yang membentu residu glukosa di sekitar protein spike virus corona. Menurut temuan peneliti, glycans ini adalah gerbang masuknya infeksi virus corona ke dalam sel tubuh.

Jika kita bisa memblokir glycans ini, mungkin kita bisa mencegah masuknya virus corona itu.

Selain temuan tentang glycans, sejumlah riset terbaru tentang Covid-19 lainnya juga menjadi berita populer Sains.

Minggu (22/8/2021) malam juga ada penampakan bulan biru atau blue moon. Sebenarnya apa itu dan kenapa dinamakan bulan biru?

7 tempat terdingin di Bumi juga menjadi bahasan yang banyak dibaca. Apalagi, salah satunya dihuni manusia. Bagaimana ya rasanya tinggal di tempat dingin yang suhunya minus puluhan derajat Celsius?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: [POPULER SAINS] Bolehkah Penderita GERD Suntik Vaksin? | Nanti Malam Ada Bulan Biru

Ini rangkuman singkatnya:

1. Glycans, gerbang masuknya virus corona ke sel

Sejak awal pandemi Covid-19, para ilmuwan terus meneliti rahasia mekanisme virus corona memasuki sel manusia. Akhirnya, terungkap sudah 'gerbang' masuk SARS-CoV-2 saat menginfeksi tubuh.

Rommie Amaro, ahli kimia biofisik komputasi dari University of California San Diego, mengembangkan visualisasi terperinci dari protein spike SARS-CoV-2, dilansir dari Phys, Sabtu (21/8/2021).

Seperti yang telah diketahui, protein spike virus corona adalah senjata virus saat memasuki dan menginfeksi sel tubuh, yang kemudian menyebabkan penyakit Covid-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.