Nanti Malam Ada Blue Moon, Apa Warnanya Biru? Begini Cara Melihatnya

Kompas.com - 22/08/2021, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Fenomena bulan biru atau blue moon akan menghiasi langit Indonesia nanti malam. Ini merupakan kesempatan langka untuk mengamatinya.

Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), fenomena bulan biru akan hadir Minggu, (22/8/2021) malam.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lapan Andi Pangerang mengatakan, fenomena bulan biru kali ini disebut sebagai Bulan Biru Musiman atau Seasonal Blue Moon.

Bulan Biru Musiman adalah Bulan Purnama ketiga dari salah satu musim astronomis yang didalamnya terjadi empat kali Bulan Purnama. 

Karena dikatakan Blue Moon atau Bulan Biru, benarkah warnanya akan terlihat biru dari Bumi?

Baca juga: Bagaimana Fenomena Bulan Biru Bisa Terjadi? Ini Penjelasan Lapan

Menjawab persoalan itu, Andi mengatakan, meskip dinamakan Bulan Biru tetapi jika dilihat dari Bumi, penampakan warna bulan purnama pada saat itu tidaklah benar-benar biru.

"Bulan Biru hakikatnya tidak benar-benar (berwarna) biru," jelas Andi kepada Kompas.com, Rabu (18/8/2021).

Menurut Andi, asal-usul historis istilah bulan biru dan definisinya sebenarnya masih simpang siur. Kebanyakan orang menganggapnya sebagai kesalahan interpretasi. 

Banyak orang meyakini istilah Bulan Biru yang dimaknai sebagai sesuatu hal yang terjadi sangat langka berasal dari kabut asap dan abu vulkanik dari letusan gunung berapi yang membuat seolah Bulan menjadi berwarna kebiruan. 

"Bulan Biru yang benar-benar berwarna biru dapat terjadi sangat langka dan tidak ada hubungannya dengan kalender, fase Bulan, atau jatuhnya musim. Melainkan akibat dari kondisi atmosfer," jelasnya.

Sedangkan, abu vulkanik dan kabut asap, droplet di udara, atau jenis awan tertentu dapat menyebabkan Bulan Purnama tampak kebiruan.

Istilah Bulan Biru atau Blue moon sudah ada setidaknya sejak 400 tahun yang lalu.

Istilah ini bermula dari seorang penutur cerita rakyat berkebangsaan Kanada, Dr. Philip Hiscock. Saat itu Hiscock berkata bahwa penyebutan Bulan Biru bermakna ada hal yang ganjil dan tidak akan pernah terjadi.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.