Kompas.com - 22/08/2021, 09:03 WIB
Berita populer Sains akhir pekan, mulai dari bolehkah penderita GERD vaksin Covid-19 berulang hingga serba-serbi fenomena langit Bulan Biru yang akan muncul Minggu (22/8/2021) malam. Kompas.comBerita populer Sains akhir pekan, mulai dari bolehkah penderita GERD vaksin Covid-19 berulang hingga serba-serbi fenomena langit Bulan Biru yang akan muncul Minggu (22/8/2021) malam.

KOMPAS.com - Salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi akhir pekan, Sabtu (21/8/2021) yang paling banyak dibaca adalah pertanyaan tentang penderita GERD yang ingin vaksin. Sebenarnya boleh tidak sih penderita GERD berulang kali vaksin Covid-19?

Kemudian, di hari ini, Minggu (22/8/2021) juga akan ada fenomena unik bernama Bulan Biru. Apakah dinamai Bulan Biru karena warna bulan berubah jadi biru? Ada penjelasan menarik dari Lapan terkait istilah penamaan fenomena langit yang dapat disaksikan nanti malam.

Masih soal astronomi, tahukah Anda bintang apa yang paling jauh dari Bumi dan bagaimana cara mengukur jarak benda-benda langit seperti bintang itu menjadi berita lain yang banyak diminati pembaca.

Berita populer lainnya tentang banyaknya siaran televisi yang banyak menyiarkan acara-acara yang tidak seharusnya dikonsumsi publik. Misalnya seperti siaran langsung pernikahan Lesty Kejora dan Rezky Billar yang dilangsungkan Kamis (19/8/2021). Tentu saja acara privasi publik figur ini bukan yang pertama. Ahli pun ikut menyoroti tren ini dan ada penjelasannya lho.

Baca juga: [POPULER SAINS] Hasil Uji Pra-klinik 1 Vaksin Merah Putih | Asteroid Bennu Diramalkan Bertabrakan dengan Bumi

Berikut rangkuman singkat berita populer Sains:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Bolehkah penderita GERD lakukan vaksin berulang?

Sebagai upaya melawan pandemi Covid-19, seluruh masyarakat Indonesia dianjurkan untuk menjalani vaksinasi Covid-19. Namun, bagaimana bila ada penyakit seperti GERD?

dr. Taufiq, Sp.PD-KGEH, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi dari RS Pondok Indah – Pondok Indah dan RS Pondok Indah – Bintaro Jaya.

"Untuk pertanyaan mengenai boleh atau tidaknya pasien GERD berulang vaksinasi COVID-19, boleh ya, Ibu. Namun, sebaiknya Ibu berkonsultasi terlebih dahulu secara langsung dengan dokter yang merawat Ibu agar mendapatkan arahan yang pasti. Semoga jawaban saya membantu ya, Bu. Lekas sehat kembali ya, Ibu. Terima kasih," kata dokter Taufiq.

Taufiq pun menjelaskan lebih lanjut tentang GERD yang bisa dibaca di sini:

Halo Prof! Bolehkah Penderita GERD Berulang Disuntik Vaksin Covid-19?

2. Bagaimana fenomena bulan biru terjadi?

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyampaikan, fenomena Bulan Biru atau Blue Moon akan terjadi pada Minggu, 22 Agustus 2021, dan akan menghiasi langit Indonesia.

Fenomena Blue Moon ini akan dapat disaksikan atau diamati di langit sejak pukul 19.01 WIB, 20.01 WITA, atau 21.01 WIT.

Namun, apa itu Blue Moon dan bagaimana fenomena Bulan Biru ini terjadi?

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.