Kompas.com - 17/08/2021, 20:39 WIB
Ilustrasi menimbang berat badan vadimguzhvaIlustrasi menimbang berat badan

KOMPAS.com - Penurunan berat badan yang direkomendasikan oleh para ahli adalah setengah kilogram hingga satu kilogram per minggu. Ini adalah manajemen berat badan jangka panjang yang paling efektif.

Konon, membatasi atau bahkan menghindari makanan tertentu akan membuat Anda merasa lebih lapar. Kemungkinan hal ini juga yang menjadi alasan mengapa banyak orang merasa sulit bertahan menjalani program diet.

Namun, tidak semua diet memiliki efek ini. Diet rendah karbohidrat dan diet rendah kalori efektif untuk menurunkan berat badan dan mungkin lebih mudah dipatuhi daripada diet lainnya.

Baca juga: 7 Alasan Berat Badan Susah Turun, Salah Satunya Tidak Cukup Protein

Melansir Healthline, ada beberapa cara untuk menurunkan berat badan yang menerapkan pola makan sehat dan bertujuan untuk mengurangi nafsu makan, menyebabkan penurunan berat badan yang cepat, serta meningkatkan metabolisme di saat bersamaan.

Berikut ini tiga cara sederhana menurunkan berat badan dengan cepat.

1. Kurangi karbohidrat olahan

Salah satu cara untuk menurunkan berat badan dengan cepat adalah dengan mengurangi gula dan pati, atau karbohidrat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda bisa menerapkan pola makan rendah karbohidrat atau dengan mengurangi karbohidrat olahan dan menggantinya dengan biji-bijian.

Ketika Anda melakukan itu, tingkat rasa lapar Anda akan turun, sehingga Anda akan makan lebih sedikit kalori.

Dengan diet rendah karbohidrat, Anda akan menggunakan pembakaran lemak yang tersimpan untuk energi, bukan menggunakan karbohidrat.

Jika Anda memilih untuk makan karbohidrat yang lebih kompleks seperti biji-bijian bersama dengan defisit kalori, Anda akan mendapat manfaat dari serat yang lebih tinggi dan mencernanya lebih lambat. Ini membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Baca juga: Ahli Nutrisi Ungkap Makanan yang Harus Dihindari Saat Menurunkan Berat Badan

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.