Kompas.com - 17/08/2021, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Suasana khidmat begitu terasa saat Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia, 76 tahun yang lalu. Momen itu terekam dalam sebuah foto yang masih bisa kita saksikan hingga hari ini.

Foto bersejarah itu pun menjadi bukti penting kalau peristiwa itu memang benar-benar terjadi. Bukan hoaks.

Namun, siapakah sebenarnya orang yang mengabadikan momen bersejarah tersebut? Adalah dua kakak beradik bernama Alexius 'Impurung' Mendur dan Frans Mendur yang menjadi fotografer peristiwa saat teks proklamasi dibacakan.

Baca juga: 17 Agustus, Ternyata Ada Momentum Penting Selain Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Dikutip dari situs resmi Museum Perumusan Naskah Proklamasi, keduanya, yang merupakan wartawan Java Bode sebenarnya tak mendapatkan tugas untuk mengambil foto proklamasi kemerdekaan.

Tetapi, naluri jurnalis mereka mengatakan hal yang lain. Bergegas mereka menuju Jalan Pegangsaan Timur nomer 56, Jakarta yang menjadi tempat acara proklamasi kemerdekaan berlangsung. Mereka yakin betul kalau momen itu akan menjadi peristiwa penting bangsa ini.

Sayangnya, usai menghadiri acara proklamasi kemerdekaan, keduanya ditangkap tentara Jepang. Kamera Alex dirampas dan fotonya dibakar.

Beruntung, Frans masih sempat menyelamatkan rol film dan menguburnya di halaman kantor harian Asia Raya.

Saat situasi sudah aman, negatif film diambil kembali. Perjuangan Alex dan Frans belum berakhir, mereka harus mencetak foto tersebut.

Jerih payah mereka terbayar dan hasilnya bisa kita lihat hingga hari ini.

Bayangkan saja, jika mereka berdua tak berhasil menyembunyikan rol film itu, mungkin tak akan ada pula jika ada peristiwa proklamasi Indonesia.

Baca juga: Bukan di Istana Merdeka, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Dilakukan di Tempat Ini

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.