Kompas.com - 16/08/2021, 11:02 WIB
Ilustrasi menguap. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOIlustrasi menguap.

KOMPAS.com - Menguap adalah hal normal yang dilakukan oleh semua orang dan merupakan salah satu tindakan paling menular yang tidak terkendali oleh tubuh.

Ada banyak teori yang menjelaskan mengapa manusia menguap, salah satu yang populer adalah untuk membantu tubuh mendapatkan lebih banyak oksigen. Namun, teori ini sudah dibantah.

Dikutip dari Healthline, Selasa (16/8/2021), teori yang paling didukung secara ilmiah tentang mengapa kita menguap adalah untuk pengaturan suhu otak.

Sebuah penelitian tahun 2014 yang diterbitkan dalam Jurnal Physiology and Behavior mengamati 120 orang sampel. Peneliti menemukan bahwa menguap lebih sedikit terjadi selama musim dingin.

Baca juga: Misteri Tubuh Manusia: Kenapa Siku Terbentur Rasanya Sangat Sakit?

Ketika sedang kelelahan, kinerja otak akan melambat sehingga menguap akan membantu mendinginkan suhu otak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Begitu juga ketika sedang bosan, otak manusia tidak merasa terstimulasi dan mulai melambat. Menguap juga akan membantu untuk menurunkan suhu otak pada kondisi ini.

Selain untuk menurunkan suhu otak, menguap juga terjadi karena tubuh ingin bangun dengan sendirinya.

Gerakan ini membantu meregangkan paru-paru dan jaringannya serta memungkinkan tubuh untuk melenturkan otot hingga persendian.

Dengan menguap, Anda dapat memaksa aliran darah menuju wajah dan otak untuk meningkatkan kewaspadaan. Itu mengapa, manusia cenderung menguap selepas tidur.

Apakah menguap itu menular?

Menguap pasti menular. Apabila Anda menguap setelah melihat orang lain di lingkungan yang sama juga menguap sebelumnya, maka Anda terkena suhu otak yang sama.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.