[POPULER SAINS] Mengungkap Kisah di Sungai Tohor Bersama VIK | Buah untuk Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 15/08/2021, 09:00 WIB
Penelusuran VIK di desa Sungai Tohor yang menyimpan kekayaan lahan gambut hingga buah yang membantu menurunkan berat badan menjadi berita populer Sains akhir pekan, 14-15 Agustus 2021. Kompas.comPenelusuran VIK di desa Sungai Tohor yang menyimpan kekayaan lahan gambut hingga buah yang membantu menurunkan berat badan menjadi berita populer Sains akhir pekan, 14-15 Agustus 2021.

KOMPAS.com - Penelusuran virtual bersama visual interaksi kompas (VIK) ke sebuah desa bernama Sungai Tohor merupakan salah satu ulasan populer di kanal Sains Kompas.com edisi akhir pekan, Sabtu (14/8/2021).

Selain menelusuri kekayaan lahan gambut di Sungai Tohor, ulasan lain yang menarik perhatian pembaca adalah soal menurunkan berat badan.

Mulai dari buah-buahan yang dapat membantu menurunkan berat badan hingga alasan bobot susah turun menjadi ulasan menarik lainnya.

Selain itu, para ilmuwan menemukan fakta bahwa kepunahan massal burung dalam 50.000 tahun terakhir ternyata disebabkan oleh manusia.

Baca juga: [POPULER SAINS] Kata Pakar Soal Tren Review Saldo ATM | Indonesia Berisiko Jadi Hotspot Varian Baru

Berikut rangkuman singkatnya:

1. Menjelajah desa Sungai Tohor

Tiga jam dari Batam, ada sebuah desa bernama Sungai Tohor. Desa ini menyimpan kekayaan alam unik berupa lahan gambut, hutan yang tanahnya terbentuk dari akumulasi tumbuhan yang membusuk selama puluhan ribu tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desa yang termasuk wilayah Meranti, Riau, itu juga menyimpan sagu yang berpotensi sebagai sumber pangan.

Tahun 2015 lalu, hutan gambut mereka mengalami kebakaran hebat. Asapnya sampai Singapura dan Malaysia.

Kini, kondisinya telah membaik. Perbaikan itu punya kisah tersendiri.

Kompas.com mengundang Anda untuk berpetualang ke Sungai Tohor lewat Visual Interaktif Kompas (VIK) dan mengungkap tujuh kisah tersembunyi soal desa itu yang selengkapnya bisa dibaca di sini:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.