Kompas.com - 14/08/2021, 21:02 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Berita mengenai hewan-hewan laut yang mati karena tersangkut atau menelan sampah plastik bukanlah kabar yang baru.

Banyaknya peristiwa serupa menunjukkan bahwa bencana akibat sampah plastik yang mengancam lingkungan dan makhluk hidup adalah nyata.

Dilansir dari Treehugger, pada tahun 2018, sekitar 4.200.000 ton sampah kantong plastik dan pembungkus plastik dihasilkan di Amerika Serikat. Hanya 10 persen dari angka tersebut yang didaur ulang.

Oleh sebab itu, upaya meminimalisasi penggunaan plastik wajib dilakukan. Dilansir dari Greenpeace UK, berikut adalah cara mudah mengurangi penggunaan plastik.

1. Bawa botol isi ulang

Cara mudah mengurangi plastik yang pertama adalah biasakan untuk selalu membawa botol minum isi ulang.

Baca juga: Sampah Plastik di Laut Bikin Kelomang Tak Bisa Kenali Makanannya

Misal, ketika membeli kopi, teh, atau minuman lainnya, gunakan botol isi ulang tersebut sehingga tidak perlu menggunakan cup atau wadah plastik.

2. Jangan gunakan sedotan plastik

Setiap memesan minuman, pikirkan kembali, apakah sedotan benar-benar dibutuhkan? Jika tidak, jangan minta sedotan untuk mengurangi penggunaannya.

Sedotan plastik adalah salah satu sampah plastik yang paling banyak ditemukan di lautan yang tentunya berbahaya bagi hewan-hewan laut.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.