Kompas.com - 14/08/2021, 18:45 WIB
Laika, anjing pertama yang terbang ke luar angkasa NASALaika, anjing pertama yang terbang ke luar angkasa

KOMPAS.com - Sejarah telah mencatat eksplorasi luar angkasa dimulai pada Juli 1969, yaitu saat Apollo 11 diluncurkan. Saat itu astronot yang ikut terbang adalah Neil Armstrong dan ‘Buzz’ Aldrin. Mereka berhasil mendarat di Bulan. Namun, tahukah Anda bahwa kita telah beberapa kali mengirim binatang ke luar angkasa?

Dilansir dari Discover Wild Life, berikut daftar binatang yang pernah terbang ke luar angkasa.

Lalat buah

Pada tahun 1947, lalat buah menjadi binatang pertama yang dikirim ke luar angkasa. Ilmuwan asal Amerika mencoba meneliti kemungkinan paparan radiasi kosmik jika mengirim astronot di kemudian hari.

Lalat buah menjadi hewan yang dipilih karena secara genetik memiliki kemiripan dengan manusia. Lalat ini diterbangkan di dalam kapsul dengan misil balistik V-2 hingga ketinggian 109 kilometer. Ketika kembali ke Bumi, kapsul berisi lalat buah mendarat dengan parasut di New Mexico.

Hasilnya, lalat buah di dalam kapsul masih hidup tanpa menunjukkan paparan radiasi. Inilah awal mula pengiriman berbagai jenis binatang ke luar angkasa.

Baca juga: Mengenal Roket New Shepard dalam Misi Blue Origin yang Bawa Jeff Bezos ke Luar Angkasa

Monyet dan simpanse

Sebanyak 32 ekor monyet dan simpanse telah dikirim ke luar angkasa. Pengiriman ini dilakukan pada tahun 1948 dan 1949. Sayangnya, monyet ini mati ketika perjalanan pulang karena tidak sanggup menahan tekanan dan kegagalan parasut untuk mendarat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tikus

Tikus telah menjadi binatang percobaan di laboratorium untuk mengenal lebih jauh tentang tubuh manusia. Pengiriman tikus ke luar angkasa terjadi pada tahun 1950 dan berhasil mencapai ketinggian 137 kilometer. Namun, kegagalan parasut untuk mendarat menyebabkan tikus-tikus ini mati.

Anjing

Sebenarnya banyak anjing yang sempat dikirim ke luar angkasa. Namun, yang paling terkenal adalah Laika. Dia adalah binatang pertama yang berhasil mengelilingi bumi dengan pesawat ulang alik Sputnik 2. Pesawat ini diluncurkan pada 3 November 1957.

Laika dikirim dengan persediaan makanan dan cadangan oksigen. Sayangnya, Laika mati sekitar 5 jam setelah pesawat mencapai orbit karena tidak sanggup menahan suhu yang terlalu panas.

Kura-kura

Pada tahun 1968, Rusia meluncurkan pesawat ulang alik yang membawa 2 ekor kura-kura. Kedua ekor kura-kura ini berhasil mengelilingi Bulan dalam enam hari dan kembali ke Bumi dalam keadaan hidup.

Baca juga: Pertama Kali, Astronot Tanam Cabai di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.