Kompas.com - 14/08/2021, 10:03 WIB
Ilustrasi salju, musim dingin, musim salju. SHUTTERSTOCKIlustrasi salju, musim dingin, musim salju.


KOMPAS.com - Salju merupakan fenomena alam yang terjadi di negara dengan musim dingin. Dibandingkan dengan suhu, ternyata kelembapan udara lebih berperan penting dalam pembentukan salju dan menjadi penyebab mengapa salju itu terasa dingin.

Dilansir dari National Snow and Ice Data Center, Jumat (13/8/2021), salju dapat terjadi pada suhu yang sangat dingin selama ada sumber kelembapan udara.

Lantas, bagaimana salju terbentuk?

Namun memang benar bahwa sebagian hujan salju lebat bisa terjadi ketika suhu relatif hangat di dekat tanah yaitu sekitar minus 9 derajat Celsius, bahkan lebih hangat.

Hal ini dikarenakan udara yang lebih hangat dapat menampung lebih banyak uap air.

Karena pembentukan salju membutuhkan kelembapan, maka daerah yang sangat dingin dengan kelembapan udara yang rendah, mungkin akan jarang menerima salju.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contohnya adalah Antartika yang merupakan lembah kering cukup dingin, tetapi memiliki kelembapan udara yang sangat rendah.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Mengapa Salju Berwarna Putih tapi Es Bening?

 

 

Angin kencang akan membantu menyerap kelembapan yang tersisa dari udara yang akan akan membuat salju terbentuk. Akibatnya, wilayah ini pun akan sedikit menerima salju.

Namun, bukan berarti salju sama sekali tidak bisa turun di tempat terdingin di Bumi ini. Terkadang salju juga bisa turun saat cuaca sedingin itu, dilansir dari Earth Sky.

Ketika kelembapan udara naik dan mendingin, air mulai menempel pada partikel debu yang mengambang.

Jika cukup dingin, air akan membeku dan membentuk kumpulan kristal es atau kepingan salju. Semakin dingin suhu maka akan semakin mudah kepingan salju untuk terbentuk.

Hal yang perlu dicatat adalah, suhu tidak bisa terlalu dingin untuk salju namun bisa terlalu kering.

Wilayah dengan kelembapan udara yang rendah, bukan suhu yang rendah, masih memungkinkan menyebabkan salju terbentuk, tetapi mereka tidak memiliki cukup air yang tersisa untuk membuat serpihan besar salju. 

Baca juga: Fenomena Salju Mendadak Menyelimuti Kota Athena

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.