Kompas.com - 13/08/2021, 11:05 WIB

KOMPAS.com - Sampah yang dihasilkan oleh manusia memiliki segala macam konsekuensi tak terduga pada hewan laut. Dan kini sebuah studi kembali memperlihatkan buktinya.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Marine Pollution Bulletin, peneliti dari University of Hull menemukan kalau sampah plastik di lautan ternyata menarik perhatian kelomang.

Menurut peneliti, kelomang mendekati sampah karena baunya menyerupai makanan mereka.

Hasil studi tersebut didapat setelah peneliti melakukan pengamatan terhadap 40 kepiting yang ditemukan di lepas pantai Yorkshire Inggris.

Baca juga: Polusi Sampah Mikroplastik Bikin Kelomang Kesulitan Cari Rumah Terbaik

Temuan ini pun menjadi hal yang menyedihkan dan peringatan mengerikan tentang bagaimana limbah yang kita hasilkan dapat menganggu ekosistem laut.

Mengutip Gizmodo, Kamis (12/8/2021), bau yang disangka makanan oleh kelomang itu menurut peneliti berasal dari oleamida, senyawa yang terdapat pada plastik.

Selain ditemukan pada plastik, senyawa tersebut rupanya mirip dengan molekul yang dikeluarkan oleh beberapa hewan yang sudah membusuk. Sehingga, kelomang yang merupakan pemakan bangkai pun dibuat bingung dengan bau yang sama itu.

Kelomang pun akhirnya melintasi jarak jauh karena mencium bau yang mereka identifikasi sebagai makanan. Padahal mereka tak menyadari jika hanya menemukan onggokan plastik.

Hal tersebut pun menyebabkan kelomang menghabiskan lebih banyak waktu di sekitar plastik dan bahkan memakannya.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, bahwa paparan plastik mempengaruhi kemampuan kognitif kelomang, membuat mereka tak mampu memiliki cangkang yang optimal untuk ditinggali.

Pada akhirnya membuat mereka jauh lebih rentan terhadap pemangsa.

"Kami mungkin melihat bau plastik menjadi alasan utama mengapa begitu banyak organisme laut tertarik atau mengonsumsinya," ungkap Jorg Hardege, ahli ekologi kimia dari Univerity of Hull.