Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemanjuran Vaksin Moderna Capai 93 Persen, Bertahan Selama 6 Bulan

Kompas.com - 06/08/2021, 11:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN


KOMPAS.com - Vaksin Covid-19 yang dikembangkan Moderna adalah salah satu vaksin dengan efikasi atau kemanjuran yang tinggi, hingga 93 persen.

Perusahaan ini mengklaim, efektivitas vaksin yang dikembangkan dengan teknologi mRNA ini tetap tinggi dan dapat bertahan selama 6 bulan setelah suntikan dosis kedua.

Dilansir dari Reuters, Jumat (6/8/2021), Moderna Inc menyampaikan bahwa selama enam bulan setelah dosis vaksin kedua disuntikkan, efikasi vaksin yang dikembangkannya hampir tidak ada perubahan dari kemanjuran yang dilaporkan dalam uji klinisnya yang mencapai 94 persen.

Kendati demikian, perusahaan ini masih berharap bahwa suntikan penguat atau suntikan booster masih diperlukan menjelang musim dingin, sebab tingkat antibodi diperkirakan akan berkurang.

Chief Executive Moderna Stephane Bancel, selama panggilan konferensi, mengatakan bahwa perusahaan tidak akan dapat memproduksi lebih dari 800 juta hingga 1 miliar dosis vaksin yang telah ditargetkan untuk tahun ini.

"Kami tidak menerima pesanan lagi untuk 2021 karena kami benar-benar habis," katanya.

Baca juga: Menyusul Pfizer, Moderna Segera Umumkan Kemanjuran Vaksin Covid-19

 

Data baru Moderna terkait efikasi atau kemanjuran vaksin mRNA yang mencapai 93 persen ini berasal dari sekitar 30.000 peserta uji klinis perusahaan yang digunakan untuk mendukung otorisasi darurat vaksin Moderna pada bulan Desember.

Ini lebih baik dibandingkan dengan data dari Pfizer dan BioNTech minggu lalu yang menunjukkan kemanjuran vaksin mereka berkurang sekitar 6 persen setiap dua bulan, menurun menjadi sekitar 84 persen, enam bulan setelah suntikan kedua.

Meskipun sama-sama vaksin Covid-19 berbasis mRNA, namun vaksin Pfizer dan Moderna, tidak identik.

Dosis vaksin Moderna mengandung 100 mikrogram vaksin, sedangkan dosis vaksin Pfizer mengandung 30 mikrogram.

"Vaksin Covid-19 kami (Moderna) menunjukkan kemanjuran yang tahan lama sebesar 93 persen hingga enam bulan, tetapi menyadari bahwa varian Delta adalah ancaman baru yang signifikan sehingga kami harus tetap waspada," kata Bancel.

Baca juga: Suntikan Ketiga Vaksin Moderna Tingkatkan Kekebalan terhadap Varian Baru

Halaman:
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com