Kompas.com - 05/08/2021, 20:03 WIB
Ilustrasi penguin kaisar di Antartika terancam punah akibat perubahan iklim. WIKIMEDIA COMMONS/Christopher MicheleIlustrasi penguin kaisar di Antartika terancam punah akibat perubahan iklim.


KOMPAS.com - Dampak perubahan iklim kian nyata. Sebuah studi kini memperkirakan salah satu spesies, yakni penguin kaisar akan menghadapi kepunahan pada tahun 2100 akibat pemanasan global.

Dalam studi tersebut, peneliti menyebut 98 persen koloni penguin kaisar terancam punah, kecuali dunia secara drastis melakukan berbagai upaya untuk memperlambat perubahan iklim.

Penguin dengan tinggi lebih dari 1 meter ini membutuhkan es laut yang stabil untuk bertahan hidup. Akan tetapi, perubahan iklim malah terus mencairkan rumah mereka di Antartika.

Mengutip Smithsonian, Kamis (5/8/2021) studi yang dipublikasikan di jurnal Global Change Biology ini memaparkan jika emisi gas rumah kaca berlanjut pada kecepatan seperti sekarang ini, beberapa spesies akan mengalami kepunahan semu.

Itu artinya spesies dapat bertahan hidup tetapi dalam jumlah yang sangat rendah, sehingga populasinya akan hancur.

Baca juga: Kekuatan Kotoran, Ungkap Keberadaan Koloni Penguin Kaisar yang Tersembunyi

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Pada kasus penguin kaisar, hanya dalam waktu kurang 30 tahun atau pada 2050, peneliti memperkirakan sekitar 70 persen koloni akan punah, salah satu penyebabnya yakni perubahan iklim.

Sedangkan pada tahun 2100, sedikitnya 98 persen koloni penguin diperkirakan akan punah.

United States Fish and Wildlife Service (USFWS) pun membuat proposal untuk memasukkan penguin kaisar ini di bawah Undang-undang Spesies Terancam Punah.

"Perubahan iklim berdampak pada berbagai spesies di seluruh dunia. Keputusan yang dibuat oleh pembuat kebijakan hari ini dan selama beberapa dekade mendatang akan menentukan nasib penguin kaisar," ungkap Martha Williams, Wakil Direktur Utama USFWS.

Sementara itu perkiraan terbaru menggunakan citra satelit menunjukkan antara 531.000 hingga 557.000 penguin kaisar di dunia.

Kendati perubahan iklim jadi ancaman serius, namun selama ini burung-burung ini mampu bertahan dari berbagai kondisi paling ekstrem di Bumi. Penguin kaisar yang tangguh ini juga memiliki preferensi yang sangat spesifik terhadap es laut (air laut yang membeku).

Baca juga: Dampak Pandemi Covid-19, Penguin Khas Selandia Baru Terancam Punah

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.