Kompas.com - 05/08/2021, 12:02 WIB
Ilustrasi vaksin booster untuk tenaga kesehatan freepikIlustrasi vaksin booster untuk tenaga kesehatan

KOMPAS.com - Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menyetujui pemberian vaksin booster untuk tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang yang bekerja di fasilitas pelayanan kesehatan.

Hal ini tertuang dalam surat edaran Kemenkes RI nomor HK.02.01/I/1919/2021. Pertimbangan utama pemberian vaksin booster tersebut adalah masih tingginya angka tenaga kesehatan yang masih terinfeksi Covid-19 walau sudah menerima dosis lengkap vaksin.

Diketahui juga bahwa antibodi akan menurun setelah 6 bulan mendapatkan vaksin kedua. Selain itu, perkembangan kasus Covid-19 di berbagai daerah juga terus meningkat, terutama akibat varian baru. Sehingga, pemberian vaksin booster diharapkan bisa melindungi para tenaga kesehatan dari infeksi Covid-19.

Baca juga: Sudah Disetujui Kemenkes, Ini Syarat Vaksin Covid-19 untuk Ibu Hamil

Langkah ini juga merupakan rekomendasi dari Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (Itagi). Rekomendasi ini disampaikan kepada Kemenkes RI dalam surat nomor 71/ITAGI/Adm/VII/2021 pada 8 Juli 2021 lalu.

Efektivitas kombinasi 2 vaksin

Sesuai dengan surat edaran Kemenkes, vaksin booster yang diberikan adalah vaksin Moderna. Vaksin Moderna adalah vaksin dengan teknologi mRNA. Padahal sebelumnya tenaga kesehatan menerima vaksin Sinovac yang merupakan vaksin inactivated.

Dilansir dari Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), penelitian yang ada menunjukkan antibodi yang terbentuk pasca vaksin booster mRNA naik cukup signifikan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walaupun belum ada hasil studi khusus untuk vaksin inactivated yang dilanjutkan dengan vaksin booster mRNA, namun cara ini cukup menjanjikan.

Vaksin mRNA diketahui memiliki efikasi yang lebih baik terhadap varian baru dibandingkan tipe vaksin lainnya. Cara kombinasi booster ini sudah dilakukan di beberapa negara lainnya seperti Uni Emirat Arab dan Bahrain.

Baca juga: Vaksin Pfizer dan Moderna Berbasis mRNA, Apa Itu Messenger RNA?

Syarat vaksin booster

Beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan vaksin booster adalah sebagai berikut:

  • Tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan tenaga penunjang berusia minimal 18 tahun.
  • Vaksinasi ketiga diberikan dengan jarak minimal 3 bulan setelah vaksin kedua. Jika masih kurang dari tiga bulan, maka vaksinasi ditunda.
  • Tidak boleh memiliki riwayat alergi berat.
  • Tidak memiliki penyakit penyerta atau penyakit penyerta dalam kondisi terkontrol.
  • Tidak sedang dalam pengobatan imunosupresif, seperti kortikosteroid dan kemoterapi.

Baca juga: CDC Tunjukkan Kekuatan Vaksin Covid-19 Lindungi dari Infeksi Parah

Efek samping vaksin booster

Efek samping vaksin booster dari vaksin mRNA secara umum sama saja seperti efek samping vaksin Covid-19 yang lain. Studi sementara menunjukkan efek samping vaksin kombinasi seperti ini memang lebih banyak terjadi, namun umumnya masih efek samping yang ringan.

Bagi Anda para tenaga kesehatan, sudahkah Anda mendapatkan dosis vaksin booster? Semoga sehat selalu.

 

Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Sumber PAPDI,
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.