Kompas.com - 04/08/2021, 06:00 WIB
Dari kandungan sodium di mi instan dan risikonya, isu gelombang panas, hingga Indonesia masuki puncak Covid-19 menjadi berita populer Sains 3 Agustus 2021. KOMPAS.comDari kandungan sodium di mi instan dan risikonya, isu gelombang panas, hingga Indonesia masuki puncak Covid-19 menjadi berita populer Sains 3 Agustus 2021.

KOMPAS.com - Kandungan sodium di dalam mi instan sangat tinggi dan bisa membahayakan tubuh. Ini menjadi salah satu berita populer Sains Kompas.com edisi Selasa (3/8/2021).

Selain itu, ada isu yang mengatakan bahwa Indonesia saat ini sedang diterjang gelombang panas. BMKG angkat bicara dan menyatakan bahwa itu hoaks.

Gejala brain fog pada Long Covid yang terbukti bisa menurunkan IQ hingga Indonesia saat ini sedang memasuki puncak gelombang pandemi juga turut menjadi berita populer Sains lainnya.

Baca juga: [POPULER SAINS] Mitos Mie Mengandung Lilin | Varian Covid-19 yang Bisa Kalahkan Vaksin

Berikut rangkumannya:

1. Kandungan sodium di mi instan dan risikonya

Kandungan sodium dalam mi instan sangat tinggi sehingga bisa membahayakan kesehatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Garam dikenal juga dengan sodium klorida. Garam terdiri dari 40 persen sodium dan 60 persen klorida. Garam berfungsi untuk memberi rasa pada makanan serta menjadi agen pengawet makanan.

Dilansir dari NCBI, berbagai mi instan di beberapa negara mengandung sodium yang sangat tinggi.

Mi instan yang mengandung paling banyak sodium adalah mi instan dari China dan Malaysia. Sebanyak 90 persen kandungan garam di dalam mi instan lebih tinggi dari rekomendasi konsumsi garam harian.

Bahkan ada beberapa mi instan yang mengandung garam hingga empat kali lebih banyak dari rekomendasi harian.

Terlalu banyak mengonsumsi sodium bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.