Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Vaksin Covid-19 untuk Vaksinasi Ibu Hamil, Jenis dan Efikasinya

Kompas.com - 03/08/2021, 17:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Akhirnya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil dimulai. Ada tiga vaksin Covid-19 untuk ibu hamil yang akan digunakan untuk memberikan perlindungan bagi para ibu hamil di Indonesia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan bahwa vaksinasi ibu hamil sudah dimulai 2 Agustus 2021.

Dikutip dari siaran pers Kemenkes, Selasa (3/8/2021), ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat berisiko apabila terpapar Covid-19.

Dilaporkan dalam beberapa waktu terakhir, bahwa sejumlah ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami gejala berat, bahkan meninggal dunia.

Oleh sebab itu, untuk melindungi ibu hamil, Kemenkes mengeluarkan kebijakan yang tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Dalam aturan tersebut, vaksin Covid-19 untuk ibu hamil termasuk dalam kriteria khusus. Oleh sebab itu, proses skrining terhadap status kesehatan sasaran sebelum dilakukan pemberian vaksinasi harus dilakukan lebih detail dibandingkan sasaran lain.

Baca juga: Vaksin Moderna Segera Dipakai di Indonesia, Bisakah untuk Ibu Hamil?

 

Ada tiga vaksin Covid-19 untuk ibu hamil yang akan digunakan dalam program vaksinasi pada kelompok ini. Di antaranya vaksin Pfizer, Moderna dan inactivated vaccine dari Sinovac.

Berikut tiga jenis vaksin ibu hamil yang akan diberikan untuk melindungi kelompok ini dari gejala berat Covid-19.

1. Vaksin Pfizer

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Amerika Serikat, Pfizer dan mitranya, dari Jerman, BioNTech, adalah salah satu vaksin yang juga akan dipergunakan di Indonesia.

Vaksin Pfizer telah mengantongi izin penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, sehingga saat dijadwalkan tiba pada Agustus ini, vaksin tersebut sudah dapat digunakan.

Kemenkes telah mengeluarkan kebijakan untuk vaksinasi bagi ibu hamil di Indonesia, guna melindungi populasi ini dari infeksi Covid-19 yang berpotensi memberi risiko gejala berat hingga kematian.

Vaksin Pfizer adalah satu dari tiga vaksin Covid-19 yang akan digunakan dalam vaksinasi Covid ibu hamil.

Baca juga: Studi: Vaksin Pfizer dan Moderna Lindungi Ibu Hamil dan Bayi Baru Lahir

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com