Kompas.com - 03/08/2021, 17:03 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil. Vaksin dapat membantu mencegah ibu hamil terinfeksi Covid-19 yang berisiko memberi gejala berat hingga kematian. SHUTTERSTOCK/UNAI HUIZI PHOTOGRAPHYIlustrasi vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil. Vaksin dapat membantu mencegah ibu hamil terinfeksi Covid-19 yang berisiko memberi gejala berat hingga kematian.


KOMPAS.com - Akhirnya, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada ibu hamil dimulai. Ada tiga vaksin Covid-19 untuk ibu hamil yang akan digunakan untuk memberikan perlindungan bagi para ibu hamil di Indonesia.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan bahwa vaksinasi ibu hamil sudah dimulai 2 Agustus 2021.

Dikutip dari siaran pers Kemenkes, Selasa (3/8/2021), ibu hamil menjadi salah satu kelompok yang sangat berisiko apabila terpapar Covid-19.

Dilaporkan dalam beberapa waktu terakhir, bahwa sejumlah ibu hamil yang terkonfirmasi positif Covid-19 mengalami gejala berat, bahkan meninggal dunia.

Oleh sebab itu, untuk melindungi ibu hamil, Kemenkes mengeluarkan kebijakan yang tertuang dalam Surat Edaran HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 Bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining Dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Dalam aturan tersebut, vaksin Covid-19 untuk ibu hamil termasuk dalam kriteria khusus. Oleh sebab itu, proses skrining terhadap status kesehatan sasaran sebelum dilakukan pemberian vaksinasi harus dilakukan lebih detail dibandingkan sasaran lain.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Vaksin Moderna Segera Dipakai di Indonesia, Bisakah untuk Ibu Hamil?

 

Ada tiga vaksin Covid-19 untuk ibu hamil yang akan digunakan dalam program vaksinasi pada kelompok ini. Di antaranya vaksin Pfizer, Moderna dan inactivated vaccine dari Sinovac.

Berikut tiga jenis vaksin ibu hamil yang akan diberikan untuk melindungi kelompok ini dari gejala berat Covid-19.

1. Vaksin Pfizer

Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi Amerika Serikat, Pfizer dan mitranya, dari Jerman, BioNTech, adalah salah satu vaksin yang juga akan dipergunakan di Indonesia.

Vaksin Pfizer telah mengantongi izin penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, sehingga saat dijadwalkan tiba pada Agustus ini, vaksin tersebut sudah dapat digunakan.

Kemenkes telah mengeluarkan kebijakan untuk vaksinasi bagi ibu hamil di Indonesia, guna melindungi populasi ini dari infeksi Covid-19 yang berpotensi memberi risiko gejala berat hingga kematian.

Vaksin Pfizer adalah satu dari tiga vaksin Covid-19 yang akan digunakan dalam vaksinasi Covid ibu hamil.

Baca juga: Studi: Vaksin Pfizer dan Moderna Lindungi Ibu Hamil dan Bayi Baru Lahir

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.