Kompas.com - 03/08/2021, 11:32 WIB
Ilustrasi pemanasan global diprediksi dapat menyebabkan gelombang panas yang intensi di Asia Tenggara. SHUTTERSTOCK/nexus 7Ilustrasi pemanasan global diprediksi dapat menyebabkan gelombang panas yang intensi di Asia Tenggara.

KOMPAS.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menegaskan bahwa fenomena cuaca gelombang panas tidak terjadi di Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Deputi Klimatologi BMKG, Drs Herizal MSi menanggapi isu yang beredar di masyarakat tentang gelombang panas di dunia dan di Indonesia yang terkahir akhir-akhir ini.

Gelombang Panas atau dikenal juga dengan heatwave merupakan fenomena cuaca, di mana suhu udara panas terjadi lebih tinggi 5 derajat Celsius dari rata-rata suhu maksimum hariannya, dan berlangsung selama 5 hari atau lebih secara berturut-turut.

Fenomena gelombang panas ini biasanya terjadi di wilayah lintang menengah-tinggi seperti wilayah Amerika, Eropa dan Australia, dan terjadi pada wilayah yang memiliki massa daratan yang luas.

Baca juga: Pemanasan Global Diprediksi Sebabkan Gelombang Panas yang Intens di Asia Tenggara

Herizal menjelaskan, secara dinamika atmosfer hal tersebut, dapat terjadi karena adanya udara panas yang terperangkap di suatu wilayah disebabkan adanya anomali dinamika atmosfer yang mengakibatkan aliran udara tidak bergerak pada wilayah yang luas, misalnya saat terbentuknya sistem tekanan tinggi dalam skala yang luas dan bertahan cukup lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fakta terkait isu gelombang panas

Berikut beberapa fakta tentang isu gelombang panas yang terjadi di dunia dan Indonesia tersebut.

1. Gelombang panas di Amerika Utara

Badan Meteorologi Dunia melaporkan terjadinya gelombang panas di wilayah Amerika Utara.

Gelombang panas di Amerika Utara ini memecahkan beberapa rekor suhu tertinggi di wilayah British Columbia Kanada setinggi 49,6 derajat Celsius dan 47,7 derajat Celsius di Phoenix Arizona pada pertengahan bulan Juni 2021.

Gelombang panas tersebut dinyatakan memiliki dampak yang sangat luas pada kehidupan manusia maupun ekosistem.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.