Kompas.com - 02/08/2021, 18:03 WIB
Ilustrasi hutan mangrove SHUTTERSTOCK/Huy Cuong BuiIlustrasi hutan mangrove

KOMPAS.com - Tren saat ini menunjukkan kemunduruan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di berbagai sektor.

Hal ini disampaikan oleh Grita Anindarini, Deputi Direktur Program Indonesian Center for Environmental Law (ICEL) pada webinar Menakar Masa Depan Hukum Lingkungan di Indonesia: Perlunya Syarat-syarat Penguatan, Kamis (22/7/2021).

Grita menambahkan, meskipun berbagai peraturan perundang-undangan sektoral telah menjamin masyarakat untuk berpartisipasi dan mendapat informasi terkait lingkungan, pada kenyataannya hal ini masih menemui tantangan.

Salah satunya adalah kesulitan masyarakat untuk mendapatkan transparansi atas dokumen lingkungan yang penting seperti Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Hak Guna Usaha (HGU).

Baca juga: Putusan Rp 1,07 Triliun pada PT NSP Beri Harapan Baru bagi Penegakan Hukum Lingkungan

Rekomendasi hukum lingkungan di Indonesia

Untuk itu, terdapat beberapa hal penting yang perlu diketahui agar pembaruan hukum lingkungan di Indonesia ke depannya bisa menjadi lebih baik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Pembangunan berkelanjutan

Rekomendasi yang pertama adalah perlu adanya penekanan bahwa hukum lingkungan harus tetap berorientasi kepada pembangunan berkelanjutan untuk menjamin terlindunganya lingkungan dan hak-hak masyarakat.

Teori, praktik dan regulasi hukum lingkungan harus terintergrasi dengan konsep pembangunan berkelanjutan.

2. Fokus ke lingkungan hidup

Rekomendasi yang kedua adalah pembangunan berkelanjutan harus fokus kepada lingkungan hidup, keadilan sosial dan pertumbuhan ekonomi yang berwawasan lingkungan.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.