Kompas.com - 01/08/2021, 20:03 WIB
Ilustrasi yoga. Olahraga ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan keluhan selama menstruasi. PEXELS/CLIFF BOOTHIlustrasi yoga. Olahraga ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan keluhan selama menstruasi.


KOMPAS.com - Olahraga dapat melepaskan endorfin yang bisa meningkatkan dopamin dan dapat membantu seseorang untuk mengatasi stres, mengurangi rasa sakit, memperbaiki mood dan meningkatkan gerak tubuh selama menstruasi

Menstruasi adalah siklus bulanan yang dialami setiap orang dengan rahim dan ovarium.

Siklus ini ditandai dengan pendarahan melalui vagina akibat peluruhan dinding rahim dan akan berhenti ketika mengalami monopause atau ketika hamil.

Gejala yang dialami saat menstruasi bisa beragam seperti kram perut, sakit punggung, sakit kepala hingga nyeri payudara. Ketika berada dalam kondisi ini, biasanya tubuh akan merasa sangat kelelahan.

Dari sudut pandang hormonal, Dr. Christopher Clinton Hollingsworth, MD, Spesialis Bedah Umum di Roseland, NJ mengatakan bahwa progesteron dan estrogen berada pada titik terendah selama seluruh fase periode siklus menstruasi.

"(Menurunnya hormon progesteron dan estrogen selama menstruasi) yang dapat membuat orang merasa lelah dan kurang energik” ujarnya, dikutip dari Healthline, Minggu (1/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: 4 Tips Jaga Kebersihan Menstruasi, Ganti Pembalut Minimal 4 Jam Sekali

 

Kendati demikian, dibanding hanya beristirahat dan tidak beraktivitas, olahraga bisa membantu meringankan beberapa keluhan sakit yang umum akibat menstruasi, seperti mengurangi nyeri haid.

Melalui olahraga, aliran darah dan energi bisa semakin meningkat, serta bisa membantu untuk mengurangi peradangan saat menstruasi.

Sebaliknya, menghemat energi dengan tidak beraktivitas tidak akan membuat tubuh merasa lebih baik.

Dilansir dari Health Line, Minggu (8/1/2021), terdapat beberapa panduan olahraga yang sebaiknya dilakukan selama periode menstruasi.

1. Pilih jenis olahraga yang disukai

Olahraga yang bisa dilakukan selama menstruasi untuk mengurangi nyeri haid atau keluhan sakit lainnya, yakni olahraga yang sudah berhasil dijalani sebelumnya.

Baca juga: Menstruasi Dianggap Tabu, Ini Tantangan Lain MKM pada Perempuan

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.