Kompas.com - 01/08/2021, 19:36 WIB
Ilustrasi obat SHUTTERSTOCK/Peter KniezIlustrasi obat
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.com – Batas kedaluwarsa obat ditetapkan berdasarkan uji stabilitas yang dilakukan pada suhu dan kondisi yang sesuai dengan kondisi ideal penyimpanan obat.

Lamanya kedaluwarsa dihitung sejak tanggal obat diproduksi hingga waktu uji terakhir ketika obat tersebut dinyatakan masih memenuhi persyaratan mutu.

Dilansir dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM), berikut adalah cara mengetahui obat kedaluwarsa:

1. Melakukan pengecekan tanggal kedaluwarsa pada kemasan obat

Jika dalam kemasan obat tercantum ED Agustus 2021, maka obat tersebut masih boleh dikonsumsi hingga tanggal 31 Agustus 2021.

2. Mengamati perubahan fisik obat

Adapun ciri obat kedaluwarsa dalam bentuk tablet adalah berubah warna, bau, dan rasa, timbul noda bintik-bintik, hancur, lepas dari kemasan, lembap, lembek, basah, atau lengket.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cara Membuang Obat Kedaluwarsa dengan Benar Menurut BPOM

Ciri-ciri obat kedaluwarsa dalam bentuk serbuk atau puyer adalah berubah warna, bau, dan rasa, timbul noda bintik-bintik, hancur, kemasan terbuka, lembap, lembek, basah, atau lengket, serta kemasan lembap.

Ciri-ciri obat kedaluwarsa dalam bentuk cairan adalah berubah warna, bau, dan rasa, keruh, mengental, mengendap, memisah, segel rusak, dan kemasan lembap.

Ciri-ciri obat kedaluwarsa dalam bentuk salep, gel, atau krim adalah berubah warna atau bau, mengental, mengendap, memisah, mengeras, kemasan lengket, kemasan berlubang, dan isi bocor.

Halaman:


Sumber BPOM
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.