Kompas.com - 31/07/2021, 20:40 WIB
Indra Rudiansyah, warga negara Indonesia yang terlibat dalam penelitian dan pembuatan vaksin Covid-19 di Universitas Oxford, Inggris. Dok. PribadiIndra Rudiansyah, warga negara Indonesia yang terlibat dalam penelitian dan pembuatan vaksin Covid-19 di Universitas Oxford, Inggris.

KOMPAS.com - Indra Rudiansyah (29), salah satu peneliti muda yang tergabung dalam riset vaksin AstraZeneca dari Oxford, memberikan saran terhadap pengembangan vaksin Merah Putih.

Untuk diketahui, pengembangan vaksin Merah Putih dimulai dengan menganalisis urutan genetik virus SARS-CoV-2 isolat lokal Indonesia demi mencari target yang sesuai untuk benih (seed) vaksin.

Vaksin Merah Putih ini dikembangkan menggunakan teknologi protein rekombinan sub unit.

Pengembangan vaksin Covid-19 menggunakan isolat lokal Indonesia ini diharapkan dapat mendukung kemandirian bangsa dalam produksi vaksin.

Baca juga: Varian Corona Asal Indonesia B.1.466.2, Masuk Daftar Pemantauan WHO

Indra tergabung bersama tim Jenner Institute pimpinan Profesor Sarah Gilbert, ilmuwan Inggris yang mendapat standing ovation saat hadir di laga pembuka kejuaraan tenis akbar Wimbledon 2021. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejak 20 Januari 2020, tim Jenner Institute dan Oxford Vaccine Group bekerja sama menguji coba vaksin virus corona di Pusat Vaksin Oxford.

"Saya tentunya sangat bangga bisa tergabung dalam tim untuk uji klinis vaksin Covid-19 ini, meskipun ini bukan penelitian utama untuk tesis saya," ujar Indra Rudiansyah kepada ANTARA London, 23 Juli 2020. 

Mahasiswa S3 Clinical Medicine di Universitas Oxford itu mengungkapkan, penelitian utamanya untuk tesis sebenarnya adalah vaksin malaria. 

Namun, keikutsertaannya di tim Jenner Institute merupakan topik nyata dari penelitian vaksin untuk menyelamatkan banyak orang.

Dalam acara media interview with Mr Indra Rudiansyah yang diselenggarakan oleh Indonesian Diaspora Network Global, Sabtu (31/7/2021), Indra memberikan saran atau pelajaran dari pembuatan vaksin AstraZeneca yang mungkin dapat diterapkan untuk vaksin Merah Putih Indonesia. 

Berikut beberapa pelajaran yang bisa diambil agar vaksin Merah Putih segera bisa dimanfaatkan untuk masyarakat di seluruh dunia, yakni:

Halaman:
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.