Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saran untuk Vaksin Merah Putih dari Indra Rudiansyah, Peneliti Muda di Balik Vaksin AstraZeneca

Kompas.com - 31/07/2021, 20:40 WIB
Ellyvon Pranita,
Gloria Setyvani Putri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Indra Rudiansyah (29), salah satu peneliti muda yang tergabung dalam riset vaksin AstraZeneca dari Oxford, memberikan saran terhadap pengembangan vaksin Merah Putih.

Untuk diketahui, pengembangan vaksin Merah Putih dimulai dengan menganalisis urutan genetik virus SARS-CoV-2 isolat lokal Indonesia demi mencari target yang sesuai untuk benih (seed) vaksin.

Vaksin Merah Putih ini dikembangkan menggunakan teknologi protein rekombinan sub unit.

Pengembangan vaksin Covid-19 menggunakan isolat lokal Indonesia ini diharapkan dapat mendukung kemandirian bangsa dalam produksi vaksin.

Baca juga: Varian Corona Asal Indonesia B.1.466.2, Masuk Daftar Pemantauan WHO

Indra tergabung bersama tim Jenner Institute pimpinan Profesor Sarah Gilbert, ilmuwan Inggris yang mendapat standing ovation saat hadir di laga pembuka kejuaraan tenis akbar Wimbledon 2021. 

Sejak 20 Januari 2020, tim Jenner Institute dan Oxford Vaccine Group bekerja sama menguji coba vaksin virus corona di Pusat Vaksin Oxford.

"Saya tentunya sangat bangga bisa tergabung dalam tim untuk uji klinis vaksin Covid-19 ini, meskipun ini bukan penelitian utama untuk tesis saya," ujar Indra Rudiansyah kepada ANTARA London, 23 Juli 2020. 

Mahasiswa S3 Clinical Medicine di Universitas Oxford itu mengungkapkan, penelitian utamanya untuk tesis sebenarnya adalah vaksin malaria. 

Namun, keikutsertaannya di tim Jenner Institute merupakan topik nyata dari penelitian vaksin untuk menyelamatkan banyak orang.

Dalam acara media interview with Mr Indra Rudiansyah yang diselenggarakan oleh Indonesian Diaspora Network Global, Sabtu (31/7/2021), Indra memberikan saran atau pelajaran dari pembuatan vaksin AstraZeneca yang mungkin dapat diterapkan untuk vaksin Merah Putih Indonesia. 

Berikut beberapa pelajaran yang bisa diambil agar vaksin Merah Putih segera bisa dimanfaatkan untuk masyarakat di seluruh dunia, yakni:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com