Kompas.com - 31/07/2021, 08:00 WIB
Ilustrasi minyak paling sehat untuk memasak freepikIlustrasi minyak paling sehat untuk memasak

KOMPAS.com - Hampir semua masakan menggunakan minyak untuk memasak. Namun, minyak ternyata bisa membuat makanan menjadi kurang sehat. Artikel ini akan membahas pilihan minyak yang paling sehat untuk memasak agar Anda bisa memakan makanan berminyak dengan tenang.

Biasanya, orang menggunakan minyak untuk menggoreng, menumis, hingga dijadikan dressing untuk salad. Namun, minyak bisa memberi dampak buruk bagi kesehatan, terutama jika dipanaskan pada suhu tertentu.

Minyak yang bisa digunakan untuk memasak ada banyak jenisnya. Setiap jenis minyak masak memiliki titik asap yang berbeda. Titik asap merupakan batas suhu dimana minyak tidak akan stabil lagi.

Jika minyak telah mencapai titik asapnya, minyak akan melepaskan radikal bebas. Ini merupakan zat yang buruk bagi tubuh dan dalam jangka panjang bisa memicu kanker. Itu sebabnya minyak tidak boleh digunakan di atas titik asapnya.

Baca juga: 5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan yang Telah Terbukti

Selain perbedaan titik asap, Anda juga perlu tahu bahwa minyak ada yang melewati proses penyaringan ada yang tidak. Minyak yang melewati proses penyaringan akan lebih murah, namun memiliki titik asap yang lebih tinggi sehingga aman digunakan untuk memasak.

Sedangkan minyak tanpa penyaringan biasanya mengandung lebih banyak nutrisi, namun lebih sensitif terhadap panas dan memiliki titik asap yang lebih rendah. Minyak tanpa penyaringan lebih baik digunakan untuk dikonsumsi mentah, seperti dressing pada salad.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Health Line, berikut adalah minyak yang paling sehat untuk memasak.

Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki titik asap pada suhu 176 derajat Celcius. Ini merupakan suhu yang cukup untuk digunakan dalam berbagai cara memasak, mulai dari dressing salad, menggoreng, menumis, hingga memanggang.

Olive oil terkenal memiliki kandungan vitamin E yang merupakan salah santu antioksidan. Asam lemak baik dalam minyak zaitun adalah asam oleat. Asam oleat terbukti mampu mencegah kanker dan meredakan inflamasi.

Selain itu, minyak zaitun baik untuk mencegah berbagai masalah kesehatan seperti obesitas, sindrom metabolik, dan diabetes tipe 2.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.