Kompas.com - 30/07/2021, 16:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Kutub selatan di planet Mars memantulkan cahaya terang. Para ahli menduga, kemungkinan pantulan cahaya itu bukanlah air, melainkan mungkin adalah lempung atau tanah liat.

Para ilmuwan telah melakukan penelitian, setelah mengukur sifat listrik di wilayah tersebut dengan radar penembus tanah di instrumen wahana antariksa yang mengorbit planet merah ini.

Sekelompok ilmuwan internasional ini pun mengatakan bahwa pantulan cahaya merah di kutub selatan planet Mars kemungkinan adalah smektit, yakni suatu bentuk tanah liat yang terhidrasi, dilansir dari Phys, Jumat (30/7/2021).

Menurut studi yang dilaporkan pada 29 Juli di jurnal Geophysical Research Letters, lapisan tanah liat itu diperkirakan telah terkubur sekitar satu mil di bawah permukaan Mars.

Penelitian ini dipimpin oleh Isaac B. Smith dari York University, Toronto, bekerjasama dengan penulis kedua Dan Lalich, rekan penelitian di Cornell Center for Astrophysics and Planetary Science di College of Arts and Sciences.

Para peneliti ini mengatakan bahwa keberadaan air cair membutuhkan sejumlah panas dan garam yang tidak masuk akal.