Kompas.com - 27/07/2021, 19:30 WIB
Ilustrasi lari, salah satu olahraga yang membakar kalori paling banyak freepikIlustrasi lari, salah satu olahraga yang membakar kalori paling banyak

KOMPAS.com - Untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap ideal, tidak cukup dengan menjaga pola makan saja. Namun, harus diimbangi dengan olahraga teratur. Apa jenis olahraga yang membakar kalori paling banyak?

Jika ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus membuat terjadinya defisit kalori. Defisit kalori adalah kalori yang dibakar lebih banyak dari kalori yang masuk atau dikonsumsi. Dengan begini, diharapkan pembakaran juga terjadi pada lemak yang ada di dalam tubuh.

Untuk menjaga berat badan setidaknya jumlah kalori yang dibakar harus sama dengan kalori yang dikonsumsi. Namun, terbakarnya kalori bisa dipengaruhi beberapa faktor, seperti durasi olahraga, laju kecepatan, intensitas, serta tinggi dan berat badan Anda.

Umumnya, olahraga yang bisa membakar banyak kalori adalah olahraga yang fokus pada intensitas tinggi dan membuat detak jantung Anda meningkat.

Agar kalori yang dibakar bisa sesuai dengan target Anda, kenali olahraga yang membakar kalori paling banyak.

Baca juga: Mudah Dilakukan, Simak 6 Tips Lari untuk Pemula

Lari

Lari adalah salah satu olahraga terbaik untuk membakar kalori. Lari bisa meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan Anda. Semakin cepat kecepatan lari Anda, semakin banyak pula kalori yang Anda bakar. Jumlah kalori yang bisa Anda bakar per 30 menit adalah sekitar 300 sampai 480 kalori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, olahraga satu ini tidak membutuhkan banyak perlengkapan yang menyulitkan. Anda hanya memerlukan sepatu yang memiliki support yang baik, maka Anda bisa langsung mulai berolahraga.

Bersepeda

Bersepeda bisa membakar kalori secara signifikan dalam waktu 30 menit. Jumlah kalori yang bisa dibakar adalah sekitar 210 sampai 311 kalori.

Renang

Renang juga membakar banyak kalori walaupun merupakan olahraga low-impact. Renang selama 30 menit bisa membakar 198 sampai 294 kalori.

Selain membakar kalori, renang juga bisa meningkatkan kekuatan otot, melancarkan aliran darah, serta melatih kekuatan jantung dan paru-paru. Karena renang merupakan olahraga low-impact, renang juga direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah persendian, misalnya pasien low back pain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.