Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/07/2021, 19:30 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Untuk menurunkan berat badan atau menjaga berat badan tetap ideal, tidak cukup dengan menjaga pola makan saja. Namun, harus diimbangi dengan olahraga teratur. Apa jenis olahraga yang membakar kalori paling banyak?

Jika ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus membuat terjadinya defisit kalori. Defisit kalori adalah kalori yang dibakar lebih banyak dari kalori yang masuk atau dikonsumsi. Dengan begini, diharapkan pembakaran juga terjadi pada lemak yang ada di dalam tubuh.

Untuk menjaga berat badan setidaknya jumlah kalori yang dibakar harus sama dengan kalori yang dikonsumsi. Namun, terbakarnya kalori bisa dipengaruhi beberapa faktor, seperti durasi olahraga, laju kecepatan, intensitas, serta tinggi dan berat badan Anda.

Umumnya, olahraga yang bisa membakar banyak kalori adalah olahraga yang fokus pada intensitas tinggi dan membuat detak jantung Anda meningkat.

Agar kalori yang dibakar bisa sesuai dengan target Anda, kenali olahraga yang membakar kalori paling banyak.

Baca juga: Mudah Dilakukan, Simak 6 Tips Lari untuk Pemula

Lari

Lari adalah salah satu olahraga terbaik untuk membakar kalori. Lari bisa meningkatkan fleksibilitas dan ketahanan Anda. Semakin cepat kecepatan lari Anda, semakin banyak pula kalori yang Anda bakar. Jumlah kalori yang bisa Anda bakar per 30 menit adalah sekitar 300 sampai 480 kalori.

Selain itu, olahraga satu ini tidak membutuhkan banyak perlengkapan yang menyulitkan. Anda hanya memerlukan sepatu yang memiliki support yang baik, maka Anda bisa langsung mulai berolahraga.

Bersepeda

Bersepeda bisa membakar kalori secara signifikan dalam waktu 30 menit. Jumlah kalori yang bisa dibakar adalah sekitar 210 sampai 311 kalori.

Renang

Renang juga membakar banyak kalori walaupun merupakan olahraga low-impact. Renang selama 30 menit bisa membakar 198 sampai 294 kalori.

Selain membakar kalori, renang juga bisa meningkatkan kekuatan otot, melancarkan aliran darah, serta melatih kekuatan jantung dan paru-paru. Karena renang merupakan olahraga low-impact, renang juga direkomendasikan untuk orang yang memiliki masalah persendian, misalnya pasien low back pain.

HIIT

HIIT adalah singkatan dari high intensity interval training. Olahraga ini cukup populer karena bisa dilakukan di rumah hanya dengan melihat video panduan yang banyak tersedia di media sosial.

Sesuai dengan namanya, olahraga ini menggunakan interval tertentu untuk membakar kalori tubuh. Misalnya 30 detik melakukan satu gerakan dengan kecepatan tinggi, lalu dilanjutkan 1 menit beristirahat. Siklus interval ini biasa dilakukan kurang lebih 10 sampai 20 menit.

Biasanya gerakan yang dilakukan di HIIT ini pun beragam, seperti lari di tempat, butt kicks, mountain climbers, dan berbagai gerakan di tempat lainnya.

Baca juga: 5 Olahraga Terbaik Menurut Sains, Salah Satunya Jalan Kaki

Saran sebelum Anda mulai berolahraga

Sebelum berolahraga, pastikan Anda selalu melakukan pemanasan. Ini akan membantu Anda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti keseleo, trauma, keram otot, dan kondisi lainnya.

Setelah Anda melakukan pemanasan, Anda siap untuk melakukan olahraga yang membakar kalori paling banyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com