Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Butuh Banyak Energi Untuk Lomba, Begini Diet Sehat Ala Atlet Olimpiade

Kompas.com - 27/07/2021, 10:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

Sumber WebMD

KOMPAS.comAtlet olimpiade membutuhkan energi yang besar untuk mampu bersaing dengan baik pada setiap kompetisi. Bagaimana diet makanan atlet olimpiade yang sehat bagi tubuh?

Kebutuhan kalori harian

Kebutuhan kalori harian setiap orang bisa berbeda-beda tergantung usia, metabolisme, dan banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan. Selain itu, tinggi dan berat badan juga mempengaruhi jumlah kalori yang diperlukan seseorang.

Namun, pada umumnya, kebutuhan kalori harian wanita adalah 2.000 kalori sedangkan kebutuhan pria adalah 2.500 kalori. Sedangkan atlet olimpiade membutuhkan energi yang jauh lebih besar daripada orang pada umumnya.

Dilansir dari WebMD, bahkan atlet renang bisa mengonsumsi 4.000 hingga 10.000 kalori per hari. Energi ini dibutuhkan karena renang merupakan satu diantara tiga olahraga yang membakar paling banyak kalori, bersama dengan lari dan bersepeda.

Baca juga: Catat, Inilah Jumlah Kalori yang Dibutuhkan untuk Diet

Diet makanan ala atlet olimpiade

Untuk orang yang bukan atlet, memang tidak membutuhkan asupan kalori setinggi itu. Namun, Anda tetap bisa mencontoh diet sehat ala atlet olimpiade jika Anda butuh energi yang banyak untuk menjalani keseharian Anda.

Asupan penting bagi orang dengan aktivitas fisik yang tinggi seperti atlet adalah karbohidrat tinggi, protein, dan lemak sehat. Atlet biasanya akan mengonsumsi makanan dengan komposisi karbohidrat 55 persen, lemak 20 persen, dan protein 25 persen.

Selain memperhatikan komposisi asupan kalori, penting untuk selalu mengonsumsi makanan whole food. Whole food adalah makanan yang berasal dari bahan pangan alami yang mengandung gizi terbaik untuk tubuh.

Whole food adalah makanan yang kita masak sendiri dari bahan segar dan bukan makanan instan atau kemasan. Secara umum, makanan yang direkomendasikan adalah protein, gandum, lemak sehat, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Untuk menjaga energi, penting juga untuk memakan dengan frekuensi yang lebih sering. Bahkan mereka bisa memakan makanan setiap dua jam sekali. Berikut adalah contoh daftar makanan yang dimakan oleh atlet olimpiade.

Sarapan: pisang, telur dadar dengan bayam, jamur, bawang bombay, dan salmon.
Snack: yoghurt dengan granola dan buah beri

Makan siang: sayur, protein rendah lemah seperti ayam atau ikan, dan karbohidrat seperti nasi atau quinoa.

Makan malam: mirip dengan makan siang, namun dengan porsi yang lebih besar untuk mengembalikan tenaga yang dibakar seharian.

Baca juga: 8 Makanan Rendah Kalori untuk Turunkan Berat Badan

Carb-loading

Atlet pelari jarak jauh juga membutuhkan kalori yang tinggi untuk mampu berlari dalam jarak yang jauh. Untuk memastikan mereka memiliki tenaga yang cukup, mereka butuh memakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Teknik tersebut dikenal dengan carb-loading. Caranya adalah mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat sejak 3 hari sebelum berlari jauh dan diikuti dengan porsi normal pada malam sebelum berlari.

Banyak yang salah dalam menerapkan teknik ini. Mereka justru makan karbohidrat tinggi sehari sebelum berlari. Ini justru akan membuat mereka kembung dan mengalami penurunan performa.

Itu dia diet sehat ala atlet olimpiade. Menunya bisa Anda tiru, namun, batasi jumlah kalorinya sesuai kebutuhan harian Anda, ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WebMD
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com