Kompas.com - 27/07/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi atlet olimpiade freepikIlustrasi atlet olimpiade

KOMPAS.comAtlet olimpiade membutuhkan energi yang besar untuk mampu bersaing dengan baik pada setiap kompetisi. Bagaimana diet makanan atlet olimpiade yang sehat bagi tubuh?

Kebutuhan kalori harian

Kebutuhan kalori harian setiap orang bisa berbeda-beda tergantung usia, metabolisme, dan banyaknya aktivitas fisik yang dilakukan. Selain itu, tinggi dan berat badan juga mempengaruhi jumlah kalori yang diperlukan seseorang.

Namun, pada umumnya, kebutuhan kalori harian wanita adalah 2.000 kalori sedangkan kebutuhan pria adalah 2.500 kalori. Sedangkan atlet olimpiade membutuhkan energi yang jauh lebih besar daripada orang pada umumnya.

Dilansir dari WebMD, bahkan atlet renang bisa mengonsumsi 4.000 hingga 10.000 kalori per hari. Energi ini dibutuhkan karena renang merupakan satu diantara tiga olahraga yang membakar paling banyak kalori, bersama dengan lari dan bersepeda.

Baca juga: Catat, Inilah Jumlah Kalori yang Dibutuhkan untuk Diet

Diet makanan ala atlet olimpiade

Untuk orang yang bukan atlet, memang tidak membutuhkan asupan kalori setinggi itu. Namun, Anda tetap bisa mencontoh diet sehat ala atlet olimpiade jika Anda butuh energi yang banyak untuk menjalani keseharian Anda.

Asupan penting bagi orang dengan aktivitas fisik yang tinggi seperti atlet adalah karbohidrat tinggi, protein, dan lemak sehat. Atlet biasanya akan mengonsumsi makanan dengan komposisi karbohidrat 55 persen, lemak 20 persen, dan protein 25 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain memperhatikan komposisi asupan kalori, penting untuk selalu mengonsumsi makanan whole food. Whole food adalah makanan yang berasal dari bahan pangan alami yang mengandung gizi terbaik untuk tubuh.

Whole food adalah makanan yang kita masak sendiri dari bahan segar dan bukan makanan instan atau kemasan. Secara umum, makanan yang direkomendasikan adalah protein, gandum, lemak sehat, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Untuk menjaga energi, penting juga untuk memakan dengan frekuensi yang lebih sering. Bahkan mereka bisa memakan makanan setiap dua jam sekali. Berikut adalah contoh daftar makanan yang dimakan oleh atlet olimpiade.

Sarapan: pisang, telur dadar dengan bayam, jamur, bawang bombay, dan salmon.
Snack: yoghurt dengan granola dan buah beri

Halaman:


Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.