Kompas.com - 26/07/2021, 19:30 WIB
Meteorit langka yang ditemukan di Inggris. Meteorit ini berasal dari sabuk asteroid antara planet Mars dan Jupiter yang diperkirakan berusia 4,6 miliar tahun, menjadi bukti pembentukan Tata Surya.
Derek Robson/The Loughborough Materials Characterisation Centre via LIVE SCIENCEMeteorit langka yang ditemukan di Inggris. Meteorit ini berasal dari sabuk asteroid antara planet Mars dan Jupiter yang diperkirakan berusia 4,6 miliar tahun, menjadi bukti pembentukan Tata Surya.


KOMPAS.com - Derek Robson, seorang penduduk Loughborough, Inggris, dan direktur astrokimia di East Anglian Astrophysical Research Organization (EAARO) tak menyangka jika ia akan menemukan batu yang ternyata adalah meteorit yang langka, berusia 4,6 miliar tahun.

Meteorit itu ia temukan di saat sedang berada di sebuah lapangan di di Gloucestershire, Inggris. Ia mendapati meteorit tersebut berada di bekas jejak tapal kuda.

Rupanya meteorit ini pun bukan sembarang meteorit. Mengutip Live Science, Senin (26/7/2021) meteorit tersebut termasuk sebagai meteorit langka.

Menurut peneliti, batu antariksa itu adalah chondrite berkarbon yang sangat jarang ditemukan di Bumi.

Baca juga: Peristiwa Meteorit Jatuh tapi Tak Ada Fenomena Hujan Meteor, Kok Bisa?

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Meteorit langka ini berasal dari sabuk asteroid antara planet Mars dan Jupiter, serta terbentuk di awal sejarah Tata Surya, yang diperkirakan berusia 4,6 miliar tahun.

Menariknya, meteorit sering mengandung senyawa organik atau pembawa karbon, termasuk asam amino yang membentuk dasar kehidupan.

Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang apakah meteorit ini memiliki petunjuk bagaimana makhluk hidup pertama kali muncul di tata surya.

"Meteorit ini sudah ada di luar sana sebelum ada penciptaan planet dan bulan di Tata Surya. Berarti kita memiliki kesempatan langka untuk memeriksa bagian dari masa lalu primordia kita," ungkap Shaun Fowler, peneliti dari Loughborough University menjelaskan meteorit berusia 4,6 miliar tahun itu.

Baca juga: Ahli Jelaskan Kenapa Meteorit Sering Jatuh di Indonesia Akhir-akhir Ini

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.