Kompas.com - 26/07/2021, 19:02 WIB


KOMPAS.com - Kendati secara ilmiah, telah terbukti bahwa planet yang kita tinggali ini berbentuk bulat, namun tak sedikit orang termasuk dalam flat earthers, penganut Bumi Datar. Jika planet Bumi ini benar-benar datar, maka ada beberapa hal aneh yang akan terjadi.

David Stevenson, ilmuwan planet di Caltech, Pasadena, California mengatakan bahwa untuk membentuk sebuah piringan padat, benda kosmik harus diputar dengan sangat cepat.

Hal ini akan menghancurkan benda atau planet tersebut menjadi partikel yang kecil. Bumi datar hanya akan bertahan beberapa saat.

Dilansir dari Live Science, Senin (26/7/2021), berikut merupakan 8 hal aneh yang terjadi jika Bumi itu datar:

1. Gravitasi menghilang

Pada Bumi bulat, gravitasi akan menarik objek secara rata untuk mendekat ke Bumi. Hal ini menjelaskan mengapa Bumi bulat.

Baca juga: Pendukung Bumi Datar Mati dalam Kecelakaan Roket Buatannya Sendiri

 

 

Namun pada Bumi datar, maka hal aneh yang mungkin terjadi yakni fenomena yang ditemukan adalah tidak adanya gravitasi. 

Menurut perhitungannya pada tahun 1850-an, James Clerk Maxwell, seorang Matematikawan dan Fisikawan mengatakan bahwa piringan padat tidak mungkin berada dalam kondisi atau memiliki gravitasi sama sekali.

Gravitasi juga berpengaruh terhadap keberadaan bulan. Bulan tercipta dari sebuah benda raksasa yang menabrak Bumi dan puing-puingnya ditangkap oleh gravitasi. Sehingga tanpa adanya gravitasi maka bulan juga akan hilang.

2. Kehilangan atmosfer

Selain kemungkinan tidak adanya gravitasi, hal aneh yang akan terjadi yakni Bumi datar tidak akan mampu menahan atmosfer. Cahaya matahari yang bisa membuat langit menjadi berawarna biru tidak lagi menyebar ke seluruh Bumi .

Baca juga: Bagaimana Jika Bumi Datar?

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.