Kompas.com - 26/07/2021, 16:02 WIB
Penulis Lulu Lukyani
|

KOMPAS.comMinum kopi dalam jumlah banyak disebut dapat mengakibatkan efek samping bagi kesehatan, salah satunya adalah sakit ginjal.

Faktanya, sebuah studi di Nefrologi Dialisis Transplantasi mengatakan bahwa mengonsumsi kafein dapat menurunkan risiko kematian bagi pasien penyakit ginjal.

Para peneliti percaya bahwa dampak positif dari kafein terkait dengan efek pembuluh darah karena kafein dikenal mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Studi tentang konsumsi kopi dan penyakit ginjal

Dilansir dari Healthline, tim peneliti yang dipimpin oleh seorang dokter asal Portugal memeriksa data dari 4.863 orang Amerika dengan penyakit ginjal kronis antara tahun 1999 hingga 2010.

Adapun pemeriksaan tersebut merupakan bagian dari Survei Pemeriksaan Kesehatan dan Gizi Nasional.

“Menasihati pasien dengan penyakit ginjal untuk minum lebih banyak kafein dapat mengurangi risiko kematian,” ujar Dr. Miguel Bigotte Vieira, salah satu anggota tim peneliti.

Baca juga: Satu Lagi Manfaat Kopi, Turunkan Risiko Penyakit Lever

Dr. Vieira mengingatkan bahwa studi ini merupakan studi observasional sehingga tidak memastikan bahwa minum lebih banyak kafein dapat menurunkan risiko kematian paa pasien penyakit ginjal kronis.

Menurut Dr. Vieira, hasil penelitian oleh timnya ini masih perlu dikonfirmasi melalui uji klinis acak.

Studi dari Dr. Vieira dan tim bukanlah yang pertama menganalisis efek kafein terhadap pasien penyakit ginjal kronis.

Studi lain yang diterbitkan oleh The American Journal of Medicine menemukan, perkembangan penyakit lebih jarang terjadi pada orang yang minum kopi setiap hari.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.