Kompas.com - 26/07/2021, 10:03 WIB
Bulan es planet Jupiter yang dijuluki sebagai Ocean World (Dunia Lautan). Misi NASA dengan pesawat ruang angkasa Clipper akan meluncur pada tahun 2024 dengan roket SpaceX Falcon Heavy. NASA/JPL-Caltech/SETI InstituteBulan es planet Jupiter yang dijuluki sebagai Ocean World (Dunia Lautan). Misi NASA dengan pesawat ruang angkasa Clipper akan meluncur pada tahun 2024 dengan roket SpaceX Falcon Heavy.


KOMPAS.com - SpaceX akhirnya memenangi kontrak dengan Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA). Roket SpaceX Falcon Heavy akan bergabung dalam misi ke bulan es Jupiter.

Europa adalah salah satu bulan Planet Jupiter, yang diketahui mengandung es dan air. Misi NASA ke bulan Jupiter ini adalah misi yang sangat dinanti-nantikan.

Dilansir dari Space, Senin (26/7/2021), misi Europa Clipper NASA ini dijadwalkan meluncur pada Oktober 2024.

Menurut pernyataan pejabat NASA pada Jumat (23/7/2021), pesawat ruang angkasa Europa Clipper senilai 4,25 miliar dollar AS ini akan diluncurkan di atas roket SpaceX Falcon Heavy.

Baca juga: Sabtu ini, NASA Siapkan Peluncuran 2 Astronot ke ISS dengan Roket SpaceX

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun nilai total kontrak perusahaan antariksa milik Elon Musk dengan NASA ini adalah sekitar 178 juta dollar AS, yakni kontrak penggunaan roket SpaceX untuk misi ke bulan es Jupiter.

Apabila semuanya berjalan sesuai rencana, pesawat ruang angkasa Clipper akan lepas landas pada Oktober 2024 dari NASA Kennedy Space Center di Florida dan tiba di orbit sekitar Jupiter pada April 2030.

Europa, bulan Jupiter ini memiliki lautan yang luas berisi air di bawah cangkang esnya dan dianggap sebagai salah satu tempat terbaik di Tata Surya untuk menampung kehidupan asing, di luar Bumi.

Misi NASA yang akan diluncurkan dengan roket SpaceX menuju bulan es Jupiter ini akan melakukan penyelidikan dan mempelajari Europa secara mendalam selama hampir 50 kali penerbangan dekat bulan tersebut, dengan perjalanan selama sekitar empat tahun Bumi.

Baca juga: Besok, NASA Luncurkan 2 Astronot ke Ruang Angkasa dengan Roket SpaceX

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Space
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.