Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/07/2021, 07:04 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis


KOMPAS.com - Para ilmuwan menemukan varian Alpha dapat menyebar dengan cepat di Inggris lewat super-seeding atau 'pembibitan super'.

Menurut peneliti, kemampuan varian Alpha menyebar dengan cepat ini dihasilkan dari perubahan biologis pada virus corona, dilansir dari Medical Xpress, Senin (26/7/2021).

Selain itu, penyebaran ini ditingkatkan oleh sejumlah besar orang yang terinfeksi yang 'mengekspor' varian Covid-19 ke beberapa bagian Inggris.

Inilah yang membuat para ilmuwan menyebut penyebaran varian Alpha tersebut melalui peristiwa super-seeding.

Dalam studi yang telah diterbitkan di jurnal Science, Kamis (22/7/2021), hasil analisis filegeografi terbesar yang pernah dilakukan, para ilmuwan telah memetakan penyebaran varian Alpha yang dikenal juga sebagai B.1.1.7 yang berasal dari Kent dan London Raya pada November 2020.

Pemetaan dilakukan, kecuali di lima wilayah di Wales, Skotlandia, Irlandia Utara dan Inggris pada 19 Januari.

"Pada awal Desember 2020, pusat penularan Covid-19 di Inggris bergeser dengan cepat dari Barat Laut dan Timur Laut ke London dan Tenggara, yang didominasi oleh varian Alpha," kata Dr. Moritz Kraemer, penulis utama studi.

Baca juga: Studi: Varian Alpha dan Beta Tidak Sebabkan Viral Load Virus Corona Tinggi

 

Kraemer, ilmuwan dari Branco Weiss Research Fellow, Department of Zoology, University of Oxford mengatakan saat orang-orang melakukan perjalanan dari London dan wilayah tenggara di negara ini menuju daerah lain di Inggris, mereka telah 'menyemai' rantai transmisi varian baru virus corona, varian Alpha.

Selanjutnya, penyemaian ini berlanjut sebagai peristiwa 'pembibitan super' nasional yang penyebarannya justru tidak melambat hingga awal Januari.

Kendati perjalanan dibatasi, setelah pembatasan perjalanan pada 20 Januari, kondisi ini dikompensasi oleh pertumbuhan eksponensial lanjutan dalam kasus varian Alpha.

Penyebaran cepat varian Alpha di seluruh Inggris ini telah menyebabkan laporan awal bahwa varian virus corona ini bisa sampai 80 persen lebih menular daripada strain aslinya.

Mobilitas menyebabkan penyebaran cepat

Studi ini, yang diiterbitkan oleh para ilmuwan di Oxford, Northeastern dan Edinburg, menunjukkan bahwa mobilitas secara signifikan memengaruhi penyebaran dan pertumbuhan awal varian virus corona, dalam hal ini varian Alpha.

Baca juga: Beda Gejala Covid-19 dari Strain Awal, Varian Alpha, Beta, dan Delta

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com