Kompas.com - 25/07/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi Bumi menyerap sinar matahari Shutterstock/TriffIlustrasi Bumi menyerap sinar matahari

KOMPAS.com - Selama ini, Bumi terus berputar pada porosnya setiap 23 jam, 56 menit dan 4,09053 detik.

Kecepatan putarannya yang diukur pada khatulistiwa adalah sekitar 1.040 mph atau setara dengan 1.670 kilometer per jam.

Arah rotasi Bumi bisa disebut dengan prograde atau pergerakan dari barat ke timur dan akan terlihat seperti berlawanan dengan arah jarum jam jika dilihat dari atas Kutub Utara.

Dorongan dan momentum ketika Bumi berputar akan membentuk arus laut. Bersamaan dengan adanya aliran angin atmosfer, fenomena ini akan menghasilkan pola iklim hingga membawa curah hujan ke seluruh dunia.

Namun apa yang terjadi apabila Bumi berhenti berputar?

Baca juga: Hari Ini Ada Fenomena Perihelion Merkurius, Apa Dampaknya ke Bumi?

Dilansir dari Live Science, Minggu (25/7/2021), dampak yang akan terjadi jika Bumi berhenti berputar adalah robeknya permukaan Bumi karena momentum sudut yang terus bergerak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa itu momentum sudut?

Sebelumnya perlu diketahui istilah Momentum linier, yakni hasil dari massa suatu benda dan kecepatannya, termasuk arah dan kecepatan. Contohnya, saat mobil direm mendadak, penumpang akan bergerak maju karena momentum linier.

Sementera momentum sudut adalah hasil dari gaya rotasi  dengan momentum linier. Ini adalah produk dari momen yang disebut inersia (gaya rotasi yang diperlukan untuk memutar massa) dan kecepatan sudut. Contohnya, seorang pemain sepakbola di posisi quarterback memberikan momentum sudut ke bola saat ia melayang di udara menuju penjaga gawang.

Ketika Bumi berhenti berputar, momentum sudut pada udara, air, dan bebatuan di khatulistiwa tidak akan ikut berhenti. Mereka akan terus bergerak dengan kecepatan 1.100 mph.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.