Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Malam Ini, Kesempatan Terbaik Amati Jupiter dan Saturnus Sejajar dengan Bulan

Kompas.com - 23/07/2021, 20:30 WIB
Ellyvon Pranita,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mulai malam ini, selama lima hari ke depan merupakan waktu yang tepat untuk dapat mengamati konjungsi tripel antara Bulan, Planet Jupiter, dan Saturnus.

Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena konjungsi tripel antara Bulan, Jupiter dan Saturnus akan berlangsung sejak 23 Juli hingga 27 Juli mendatang.

Konjungsi tripel ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengetahui, mana Planet Jupiter dan Saturnus di langit.

Baca juga: Apa Itu Konjungsi Bulan?

Konjungsi tripel  Bulan, Jupiter dan Saturnus adalah peristiwa seakan berkumpulnya Bulan, Planet Jupiter dan Saturnus dalam satu lokasi yang sama jika dilihat dari Bumi. 

Artinya ketiganya akan nampak dalam satu garis lurus.

Dengan begitu, Anda dapat mengenali Planet Jupiter dan Saturnus dengan cara melihat dua benda langit yang cukup terang dan sejajar atau segaris dengan bulan di langit.

Peneliti di Pusat Sains dan Antariksa LAPAN, Andi Pangerang mengatakan bahwa untuk dapat mengamati fenomena yang satu ini, Anda tidak membutuhkan bantuan optik apapun.

Artinya, bisa dilihat langsung dengan mata telanjang. Cukup melihat ke langit di arah Timur-Tenggara sejak pukul 20.00-21.00 WIB, hingga pukul 05.30 WIB dari arah Barat-Barat Daya.

Andi menjelaskan, kecerlangan atau penampakan cahaya Jupiter dalam peristiwa konjungsi tripel ini cukup bervariasi, yakni antara -2,79 hingga -2,81.

Sedangkan, kecrlangan planet Saturnus bervariasi antara +0,28 hingga +0,25.

Pada awalnya, yakni malam nanti, Jumat (23/7/2021), Bulan akan berada di konstelasi Sagitarius. Sedangkan, Jupiter dan Saturnus berada di konstelasi Capricornus dan Aquarius.

Lalu, Sabtu (24/7/2021), Bulan akan berpindah menuju konstelasi Capricornus bersama Jupiter selama dua hari berturut-turut.

"Kemudian, Bulan berpindah menuju (konstelasi) Aquarius bersama Saturnus selama dua hari berturut-turut," ujarnya.

Momen fenomena langit konjungsi tripel ini bisa Anda saksikan dan diabadikan ke dalam gambar, jika cuaca cerah tak berawan, tidak mendung, bebas polusi cahaya dan tak ada pengahalang jarak panadang.

Baca juga: Mau Lihat Jupiter dan Saturnus Malam Ini? Begini Caranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com