Kompas.com - 23/07/2021, 20:30 WIB
Ilustrasi konjungsi bulan dan venus. SHUTTERSTOCK/Andre NantelIlustrasi konjungsi bulan dan venus.

KOMPAS.com - Mulai malam ini, selama lima hari ke depan merupakan waktu yang tepat untuk dapat mengamati konjungsi tripel antara Bulan, Planet Jupiter, dan Saturnus.

Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), fenomena konjungsi tripel antara Bulan, Jupiter dan Saturnus akan berlangsung sejak 23 Juli hingga 27 Juli mendatang.

Konjungsi tripel ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk mengetahui, mana Planet Jupiter dan Saturnus di langit.

Baca juga: Apa Itu Konjungsi Bulan?

Konjungsi tripel  Bulan, Jupiter dan Saturnus adalah peristiwa seakan berkumpulnya Bulan, Planet Jupiter dan Saturnus dalam satu lokasi yang sama jika dilihat dari Bumi. 

Artinya ketiganya akan nampak dalam satu garis lurus.

Dengan begitu, Anda dapat mengenali Planet Jupiter dan Saturnus dengan cara melihat dua benda langit yang cukup terang dan sejajar atau segaris dengan bulan di langit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peneliti di Pusat Sains dan Antariksa LAPAN, Andi Pangerang mengatakan bahwa untuk dapat mengamati fenomena yang satu ini, Anda tidak membutuhkan bantuan optik apapun.

Artinya, bisa dilihat langsung dengan mata telanjang. Cukup melihat ke langit di arah Timur-Tenggara sejak pukul 20.00-21.00 WIB, hingga pukul 05.30 WIB dari arah Barat-Barat Daya.

Andi menjelaskan, kecerlangan atau penampakan cahaya Jupiter dalam peristiwa konjungsi tripel ini cukup bervariasi, yakni antara -2,79 hingga -2,81.

Sedangkan, kecrlangan planet Saturnus bervariasi antara +0,28 hingga +0,25.

Pada awalnya, yakni malam nanti, Jumat (23/7/2021), Bulan akan berada di konstelasi Sagitarius. Sedangkan, Jupiter dan Saturnus berada di konstelasi Capricornus dan Aquarius.

Lalu, Sabtu (24/7/2021), Bulan akan berpindah menuju konstelasi Capricornus bersama Jupiter selama dua hari berturut-turut.

"Kemudian, Bulan berpindah menuju (konstelasi) Aquarius bersama Saturnus selama dua hari berturut-turut," ujarnya.

Momen fenomena langit konjungsi tripel ini bisa Anda saksikan dan diabadikan ke dalam gambar, jika cuaca cerah tak berawan, tidak mendung, bebas polusi cahaya dan tak ada pengahalang jarak panadang.

Baca juga: Mau Lihat Jupiter dan Saturnus Malam Ini? Begini Caranya



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.