Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Situasi HIV/AIDS di Indonesia, Penambahan Kasus Baru Masih Meningkat

Kompas.com - 22/07/2021, 13:00 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan bahwa kumulatif kasus HIV AIDS di Provinsi Jawa Barat sampai dengan tahun 2020 adalah 49.474 kasus dan untuk kumulatif AIDS sampai dengan tahun 2020 adalah 11.686 kasus.

Kemudian capaian tes HIV menurut Kelompok risiko pada periode Januari hingga Juni 2021 di Jawa Barat ada 47.645 tes, dengan hasil positif HIV 1.253 kasus.

Ada 27 layanan HIV di Jawa Barat yang selalu buka di masa pandemi, tapi jumlah kunjungan pelayanan ini dibatasi. Demikian juga dengan pemeriksaan tes yang terus dilakukan dan akses layanan obat ARV yang terus berjalan.

"Selama pandemi ini di Jawa Barat memang terjadi penurunan (layanan HIV) karena adanya pembatasan (layanan). Ini untuk memastikan layanan tidak terganggu oleh potensi penularan Covid-19," kata Kang Emil dalam Webinar Kompas Talks Strategi Daerah Hadapi AIDS Selama Pandemi, Kamis (22/7/2021).

Untuk pemberian obat bagi orang dengan HIV/AIDS (ODHA), Ridwan Kamil berkata, selalu menegaskan kepada perangkat pemerintahannya untuk selalu memastikan ketersediaan obat dan bahan pangan lainnya untuk masyarakat tercukupi.

Baca juga: Cabenuva Obat HIV Sekali Suntik, Mungkinkah Dipakai ODHA Indonesia?

Dia mengatakan persediaan obat multi bulan ARV untuk ODHA hingga saat ini disediakan oleh pemerintahan pusat.

"Saya berharap dari pusat tetap menjaga flow of supplye-nya, sehingga tugas provinsi mendistribusikan ke 27 kota/kabupaten (di Jawa Barat) bisa berlangsung dengan lancar," ungkap Ridwan Kamil.

Ini baru di Jawa Barat, belum di daerah lain di Indonesia.

Bagaimana situasi HIV/AIDS di Indonesia?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi, M.Epid menyebut bahwa orang dengan HIV secara global hingga 2020 tercatat 37,7 juta dengan rata-rata penambahan setiap tahun 1,5 juta kasus.

Sementara itu, jumlah kematian tahunan karena HIV di seluruh dunia berkisar antara 480.000-1 juta, dengan rata-rata 680.000 orang tewas.

"Kalau kita melihat dewasa paling banyak kasusnya, yakni mencapai 36 juta kasus, dan presentase laki-laki dan perempuan (yang terinfeksi HIV) setara," kata Nadia dalam acara yang sama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com