Kompas.com - 22/07/2021, 10:03 WIB
Bahan-bahan yang digunakan dalam makanan terakhir Tollund Man
newscientistBahan-bahan yang digunakan dalam makanan terakhir Tollund Man

KOMPAS.com - Peneliti berhasil merekonstruksi makanan terakhir yang dikonsumsi seorang pria yang hidup sekitar 2.400 tahun lalu.

Pria yang dijuluki sebagai "Tollund Man" ini diperkirakan berusia sekitar 40 tahun ketika ia meninggal di tempat yang sekarang menjadi Denmark.

Kemungkinan ia menjadi orang yang dikorbankan dalam sebuah ritual. Tak hanya Tollund Man, lusinan orang Eropa Zaman Besi lainnya pun juga mengalami nasib serupa.

Baca juga: Daftar Makanan Pengganti Daging, Tetap Enak dan Sehat

Menariknya, rawa gambut tempat ia dikuburkan membuat tubuhnya terawetkan dengan baik dengan detail yang luar biasa sehingga peneliti mampu melakukan studi terhadapnya.

Mengutip New Scientist, Rabu (21/7/2021), salah satu hal yang menarik perhatian peneliti adalah makanan terakhir yang dimakan Tollund Man sebelum meninggal.

Nina Helt Nielsen dari Museum Silkeborg Denmark bersama rekan-rekannya pun memulai penelitian untuk mengetahuinya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hasil studi mengungkapkan bahwa usus besar pria tersebut masih menyisakan sebagian makan malam yang dicerna.

Peneliti menemukan, Tollund Man mengonsumsi bubur yang terbuat dari sekitar 85 persen jelai, 5 persen rami, dan 9 persen biji dari tanaman yang disebut persicaria pucat.

Kerak makanan menunjukkan bahwa bubur itu sedikit gosong dan dimasak dalam pot tanah liat.

Tollund Man juga pernah memakan ikan bertulang berlemak, seperti belut. Ia juga mungkin tak sengaja mengonsumsi parasit karena memakan daging yang dimasak dengan buruk dan minum air tak bersih jauh sebelum kematiannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X