Kompas.com - 21/07/2021, 20:03 WIB
Gugus bola (globular cluster), gugus bintang di konstelasi Scorpio. Teleskop luar angkasa Hubble kembali menemukan gugus bintang yang dinamai NGC 6380. ESA/Hubble & NASA, E. Noyola via PHYSGugus bola (globular cluster), gugus bintang di konstelasi Scorpio. Teleskop luar angkasa Hubble kembali menemukan gugus bintang yang dinamai NGC 6380.


KOMPAS.com - Teleskop luar angkasa, Hubble sepertinya benar-benar telah kembali prima. Kali ini, salah satu kameranya menangkap dan menemukan lagi gugus bintang di konstelasi Scorpio.

Globular cluster atau gugus bola ini berada sekitar 35.000 tahun cahaya dari Bumi, dilansir dari Phys, Rabu (21/7/2021).

Gugus bola adalah sekelompok bintang berbentuk bulat yang disatukan oleh gravitasi. Di dalam gugus bintang ini biasanya terdiri beberapa bintang tertua di galaksi mereka.

Globular cluster atau gugus bola ini berada di konstelasi Scorpio dan dinamai NGC 6380.

Baca juga: Mengejutkan, Ada Populasi Lubang Hitam Besar di Gugus Bintang Ini

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Dalam gambar gugus bintang yang ditangkap teleskop Hubble tersebut tampak bintang yang sangat terang yang disebut HD 159073, yang berjarak sekitar 4.000 tahun cahaya dari Bumi.

Bintang ini menjadi tetangga yang jauh lebih dekat dengan Bumi, dibandingkan gugus bintang NGC 6380.

Gambar gugus bola ini diambil kamera Wide Field Camera 3 dari teleskop Hubble. Kamera tersebut memiliki bidang pandang yang luas, yang artinya dapat memotret area langit yang relatif luas dengan sangat detil.

NGC 6380, mungkin bukan nama yang menarik untuk gugus bintang globular yang ditangkap lagi oleh kamera Hubble.

Baca juga: Nebula Kupu-kupu, Pemandangan Unik Ledakan Bintang Ditangkap Nasa Hubble

Halaman:


Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X