Kompas.com - 21/07/2021, 18:10 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Sudah 10 tahun tragedi kecelakaan nuklir terbesar dalam sejarah memuntahkan radiasi radioaktif di Fukushima, Jepang. Untuk memantau radiasi ini, ilmuwan gunakan ular.

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di University of Georgia menunjukkan bahwa kontaminasi radioaktif di Zona Pengecualian Fukushima dapat diukur melalui ular penghuninya.

Dilansir dari Phys, Rabu (21/7/2021), dalam studi tersebut dilaporkan bahwa ular tikus adalah bioindikator yang efektif dari sisa radioaktivitas.

Seperti burung kenari di kawasan tambang batu bara. Untuk diketahui bahwa bioindikator adalah organisme yang dapat memberikan sinyal kesehatan ekosistem.

Di Jepang, ular tikus adalah spesies yang melimpah melakukan perjalanan jarak pendek dan dapat mengakumulasi radionuklida tingkat tinggi.