Kompas.com - 20/07/2021, 10:02 WIB
Ilustrasi daging kambing mentah. Cara menghilangkan bau prengus daging kambing dengan dilumuri air jeruk. SHUTTERSTOCK/VIS FINE ARTIlustrasi daging kambing mentah. Cara menghilangkan bau prengus daging kambing dengan dilumuri air jeruk.

KOMPAS.com - Hari ini muslim merayakan Idul Adha 1442 Hijriah. Dan pastinya akan ada daging kurban yang dibagikan ke masyarakat, saalah satunya daging kambing.

Meski memiliki tekstur daging yang lezat saat disantap, sebagian masyarakat enggan mengonsumsi daging kambing karena bau prengusnya yang menyengat.

Ahli Teknologi Pangan dan Nutrisi dari Unika Atma Jaya, Rianita Pramitasari STP MSc mengatakan, kambing memang memiliki bau khas atau bau prengus karena di dalam dagingnya terkandung senyawa karbonil dan asam-asam lemak.

"(Senyawa karbonil) dan asam-asam lemak yang mudah teroksidasi selama pemasakan kemudian memunculkan aroma yang dipersepsikan sebagai bau prengus," kata Rianita dalam pemberitaan Kompas.com, (28/7/2020).

Baca juga: Pemotongan Hewan Kurban, Waspada Potensi Penyakit Zoonosis dari Sapi dan Kambing

Menghilangkan bau daging kambing

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena bau prengus daging kambing masih dapat dihilangkan dengan berbagai cara. Sehingga saat Anda memasak dan menyantapnya tidak terlalu berbau lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan jika ingin menghilangkan atau mengurangi aroma bau prengus pada daging kambing.

1. Memisahkan lemak daging kambing

Rianita menjelaskan, asam-asam lemak yang dapat memunculkan aroma bau prengus itu banyak terdapat pada bagian lemak kambing. 

Sehingga, untuk mengurangi bau pregus tersebut Anda harus memotong dan memisahkan bagian lemaknya sebelum dimasak. 

"Tentu bau prengusnya tidak dapat hilang 100 persen karena di dalam dagingnya pun ada lapisan lemaknya," ujarnya.

2. Ditambahkan bahan lain 

Tidak hanya dengan memisahkan lemak sebelum dimasak saja, cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menambahkan bahan-bahan lain untuk menghilangkan aroma prengus daging kambing. 

Beberapa bahan yang bisa digunakan untuk menghilangkan bau prengus antara lain dengan melumuri jeruk nipis ke daging sebelum dimasak. 

Selain itu, Anda juga bisa memberi rempah-rempah yang lebih banyak saat memasak daging.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X