Kompas.com - 19/07/2021, 08:02 WIB

KOMPAS.com - Pekan ini Indonesia terus mencetak rekor kenaikan jumlah harian kasus Covid-19 yang tercatat 47.899 kasus infeksi baru pada Selasa (13/7/2021).

Berdasarkan data yang disampaikan Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Minggu (18/7/2021) sore, ada penambahan 44.721 kasus baru Covid-19.

Penambahan itu menyebabkan kasus Covid-19 di Tanah Air kini mencapai 2.877.476 orang, terhitung sejak diumumkannya kasus pertama pada 2 Maret 2020.

Dalam 24 jam terakhir, dilaporkan ada penambahan 1.093 kasus kematian, sehingga total pasien Covid-19 meninggal dunia yaitu 73.582 orang.

Baca juga: Lebih Menular dari Varian Lain, Ini Gejala Covid Varian Delta

Sejauh ini, empat varian virus corona dunia yang masuk kategori mengkhawatirkan atau variant of concern telah terdeteksi di Indonesia dan kini varian Delta telah mendominasi kasus positif Covid-19.

Varian Delta pertama terdeteksi dari sampel yang diambil pada Januari lalu di Jakarta dan Palembang. Sifatnya yang mudah menular membuatnya cepat menyebar ke 16 provinsi.

Penyebaran varian Delta ini membuat sistem kesehatan di Indonesia kewalahan. Namun, para pakar mengatakan, masyarakat perlu terus waspada karena varian Delta mungkin dapat terus berkembang dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

Pakar penyakit menular atau epidemiolog dan dosen di Griffith University Australia, Dicky Budiman, mengatakan, virus akan mengalami kecacatan atau mutasi kecil setiap kali dia berpindah inang.

Hasilnya, virus tersebut bisa melemah atau justru menguat. Namun, Dicky mengatakan bahwa peluang virus untuk berubah menjadi ganas akan meningkat jika terus menyebar.

"Ketika penyebaran Covid-19 semakin tidak terkendali maka potensi mutasi akhirnya akan melahirkan varian baru yang merugikan masyarakat. Pada negara-negara yang menghasilkan varian mutasi baru ini, umumnya positivity rate-nya jauh di atas 10 persen. Artinya, sangat tidak terkendali," kata Dicky kepada DW Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.