Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/07/2021, 18:05 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Mulai malam ini, Planet Mars, Venus dan bintang terang Regulus akan mengalami tripel konjungsi di langit Indonesia. Selain itu, juga ada fenomena fase Bulan Perbani Awal.

Konjungsi Tripel Venus, Mars dan Regulus

Berdasarkan keterangan tertulis Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyampaikan fenomena konjungsi tripel Mars, Venus, Regulus akan berlangsung selama 15 hari, sejak tanggal 17 -31 Juli 2021 mendatang.

Peneliti di Pusat Sains dan Antariksa LAPAN, Andi Pangerang mengatakan, jika ingin mengamatinya, maka Anda bisa menyaksikannya dari arah Barat-Barat laut.

"(Bisa disaksikan) sejak puku 18.20 WIB selama 80 menit," kata Andi.

Adapun, kecerlangan Regulus pada saat konjungsi terjadi adalah sebesar +1,35.

Sementara, kecerlangan Mars bervariasi antara +1,81 hingga +1,75. Serta, kecerlangan Venus bervariasi antara -3,90 hingga -3,92.

Baca juga: Fenomena Langit Pekan Ini: Jumat Ada Tripel Konjungsi Bulan-Mars-Aldebaran

 

Semua wilayah Indonesia, malam ini bisa mengamati fenomena tripel konjungsi Venus, Mars dan bintang Regulus, tetapi jika cuaca cerah, tidak tertutup awan, tidak ada penghalang pandang dan polusi cahaya.

Tidak dibutuhkan alat optik apapun untuk mengamati ini, tetapi jika Anda ingin melihat dengan sangat jelas bisa menggunakan bantuan optik seperti teleskop dan lain sebagainya.

Bagi para pecinta fenomena langit, tripel konjungsi ini adalah kesempatan yang baik untuk mengamati planet Venus dan Mars, serta bintang Regulus.

1. Tanggal 17 Juli 2021

Mula-mula, mulai malam ini, Regulus terpisah dengan Venus sejauh 5,71 derajat, sedangkan Mars terpisah dengan Venus sejauh 2,32 derajat.

2. Tanggal 21 Juli 2021

Empat hari kemudian yakni pada malam 21 Juli 2021, bintang Regulus berkonjungsi dengan Venus dengan sudut pisah 1,35 derajat. Pada saat ini, tidak terjadi fenomena tripel konjungsi, karena Mars terpisah dengan Venus sejauh 4,60 derajat.

Baca juga: Fenomena Tripel Konjungsi, Bikin Merkurius Terlihat Paling Terang Fajar Ini

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com