Kompas.com - 16/07/2021, 20:29 WIB

KOMPAS.com - Baru-baru ini peneliti berhasil menemukan metana di Mars. Temuan tersebut menjadi hal yang penting sebab gas itu paling sering diproduksi oleh mikroba.

Ini artinya ada kemungkinan jika planet Merah memang memiliki kehidupan.

Tanda-tanda metana memang telah tertangkap sistem deteksi wahana penjelajah Curiosity, bahkan sebanyak enam kali sejak mendarat di kawah Gale Mars pada 2012. Sayangnya, peneliti tak dapat menemukan dari mana sumber metana itu berasal.

Baca juga: Aurora Bercahaya di Planet Mars Tertangkap Wahana Antariksa Hope

Sekarang dengan analisis baru para peneliti menelusuri asal gas metana itu.

Mengutip Live Science, Jumat (16/7/2021) untuk menghitung sumber metana yang tak diketahui, para peneliti di Institut Teknologi California memodelkan partikel gas metana dengan membaginya menjadi paket diskrit.

Dengan mempertimbangkan kecepatan angin dan arah pada saat pendeteksian, tim menelusuri kembali metana ke titik emisi mereka.

Melalui metode ini peneliti dapat mendeteksi tingkat metana yang berbeda dan mampu menentukan di mana kemungkinan besar letak sumber metana.

"Temuan sumber menunjuk ke wilayah barat dan barat daya dari situs pendaratan wahana penjelajah Curiosity," tulis peneliti dalam makalah mereka.

Hal tersebut membuat para peneliti berharap supaya bisa memilih situs pendaratan yang terletak di sebelah situs emisi metana aktif.

Temuan ini menjadi hal yang berarti, mengingat hampir semua metana di atmosfer Bumi memiliki asal biologis.