Kompas.com - 16/07/2021, 20:29 WIB

KOMPAS.com - Baru-baru ini peneliti berhasil menemukan metana di Mars. Temuan tersebut menjadi hal yang penting sebab gas itu paling sering diproduksi oleh mikroba.

Ini artinya ada kemungkinan jika planet Merah memang memiliki kehidupan.

Tanda-tanda metana memang telah tertangkap sistem deteksi wahana penjelajah Curiosity, bahkan sebanyak enam kali sejak mendarat di kawah Gale Mars pada 2012. Sayangnya, peneliti tak dapat menemukan dari mana sumber metana itu berasal.

Baca juga: Aurora Bercahaya di Planet Mars Tertangkap Wahana Antariksa Hope

Sekarang dengan analisis baru para peneliti menelusuri asal gas metana itu.

Mengutip Live Science, Jumat (16/7/2021) untuk menghitung sumber metana yang tak diketahui, para peneliti di Institut Teknologi California memodelkan partikel gas metana dengan membaginya menjadi paket diskrit.

Dengan mempertimbangkan kecepatan angin dan arah pada saat pendeteksian, tim menelusuri kembali metana ke titik emisi mereka.

Melalui metode ini peneliti dapat mendeteksi tingkat metana yang berbeda dan mampu menentukan di mana kemungkinan besar letak sumber metana.

"Temuan sumber menunjuk ke wilayah barat dan barat daya dari situs pendaratan wahana penjelajah Curiosity," tulis peneliti dalam makalah mereka.

Hal tersebut membuat para peneliti berharap supaya bisa memilih situs pendaratan yang terletak di sebelah situs emisi metana aktif.

Temuan ini menjadi hal yang berarti, mengingat hampir semua metana di atmosfer Bumi memiliki asal biologis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.