Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Ivermectin Belum Direkomendasikan WHO dan FDA untuk Obat Covid-19?

Kompas.com - 15/07/2021, 19:01 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN,WHO


KOMPAS.com - Ivermectin belum resmi direkomendasikan sebagai obat Covid-19. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan regulator obat Amerika Serikat (FDA) juga tak menyarankan obat antiparasit atau obat cacing ini digunakan dalam pengobatan Covid-19.

Dalam konferensi pers 2 Juli lalu, Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI, Penny K. Lukito menegaskan penggunaan Ivermectin untuk indikasi Covid-19 hanya digunakan dalam kerangka uji klinik.

Aturan itu sejalan dengan diterbitkannya Persetujuan Pelaksanaan Uji Klinik (PPUK) terhadap Ivermectin yang telah dikeluarkan oleh Badan POM pada tanggal 28 Juni 2021.

"Uji klinik ini diperlukan untuk memperoleh data yang valid bahwa obat (ivermectin) ini memang signifikan dalam mengobati Covid-19," papar Penny.

Penny menjelaskan sebagaimana direkomendasikan dalam WHO Guideline for COVID-19 Treatment yang dipublikasikan pada 31 Maret 2021, serta pendapat dari Badan Otoritas obat yang memiliki sistem regulatori yang baik seperti The United States Food and Drug Administration (US FDA) dan European Medicines Agency (EMA), bahwa Ivermectin untuk Covid-19 hanya dapat dipergunakan dalam kerangka uji klinik.

Baca juga: 6 Fakta Ivermectin, Obat Cacing yang Masih Diuji BPOM untuk Covid-19

 

Lantas mengapa ivermectin belum direkomendasikan WHO dan FDA untuk digunakan sebagai sebagai obat Covid-19?

Dilansir dari CNN, Jumat (5/3/2021), FDA mengatakan bahwa obat ivermectin tidak boleh digunakan untuk mengobati Covid-19. Obat ini biasanya digunakan untuk mengobati parasit, seperti kutu dan kudis.

FDA mengatakan, bahwa ivermectin sering digunakan di Amerika Serikat untuk mengobati atau mencegah parasit pada hewan.

FDA telah menerima banyak laporan dari pasien yang memerlukan dukungan medis dan telah dirawat di rumah sakit setelah mengobati sendiri dengan ivermectin yang digunakan untuk kuda.

Pengumuman tersebut mencatat bahwa FDA belum menyetujui ivermectin untuk mengobati Covid-19 pada manusia dan obat tersebut bukan obat anti-virus.

FDA juga mengatakan bahwa sangat berbahaya menggunakan obat ivermectin dalam dosis besar, sehingga penggunaanya belum bisa direkomendasikan sebagai obat Covid-19, bahkan oleh WHO.

Baca juga: Bukan Ivermectin, Ini Obat untuk Pasien Covid-19 Rekomendasi WHO

 

Halaman:
Sumber CNN,WHO
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com