Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan yang Harus Dikonsumsi Setelah Sembuh dari Covid-19

Kompas.com - 12/07/2021, 10:32 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.com - Sembuh dari covid mungkin tidak mudah bagi sebagian besar orang. Banyak yang masih merasakan gejala long covid setelah sembuh. Maka dari itu penting mengetahui makanan yang harus dikonsumsi setelah sembuh dari Covid-19 untuk membantu proses pemulihan tubuh Anda.

Makanan dan minuman sangat penting untuk menyuplai energi dan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, asupan makanan juga penting untuk membangun sistem imun yang kuat dan untuk perbaikan jaringan dalam proses pemulihan.

Saat terkena covid, nafsu makan seseorang akan menurun dan membuat orang akan sulit untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Beberapa diantaranya mungkin mengalami penurunan berat badan. Maka dari itu makanan yang harus dikonsumsi setelah sembuh dari covid sangat penting.

Baca juga: Kenali, Begini Ciri-ciri Sembuh dari Covid-19

Dilansir dari British Dietetic Association, berikut adalah daftar makanan yang harus Anda konsumsi setelah sembuh dari Covid-19.

Protein

Untuk membantu proses pemulihan, Anda harus memakan setidaknya tiga porsi protein sehari. Anda bisa memvariasikan protein yang Anda konsumsi serta memakannnya dengan terbagi dalam beberapa porsi kecil.

Makanan yang mengandung protein tinggi adalah daging sapi, ikan, telur, ayam, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Susu

Susu dan produk susu mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pemulihan. Targetkan untuk mengonsumsi tiga porsi produk susu dalam sehari. Anda bisa memilih susu, keju, yoghurt, dan produk susu lainnya sesuai dengan selera Anda.

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Diperlukan Untuk Sembuh Dari Covid-19?

Sayur dan buah

Salah satu yang diperlukan tubuh adalah vitamin dan mineral. Sayur dan buah adalah sumber vitamin dan mineral yang baik. Usahakan memakan buah dan sayur dalam berbagai warna untuk mendapatkan vitamin dan mineral yang bervariasi.

Air

Penting untuk selalu memenuhi kebutuhan cairan harian. Cairan tidak melulu air putih, Anda bisa mengonsumsi sop, jamu, susu, jus, dan juga buah yang mengandung banyak cairan.

Suplemen

Beberapa orang merasa kesulitan untuk mengonsumsi berbagai makanan ketika baru selesai sakit. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup. Memang nutrisi yang paling mudah diserap tubuh adalah sumber nutrisi alami dari makanan.

Namun, untuk menunjang nutrisi ini Anda bisa mengonsumsi multivitamin. Konsultasikan dengan dokter Anda multivitamin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba minuman protein di sela waktu makan Anda atau meminum milkshake sebagai penunjang nutrisi masa pemulihan.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Apakah Tubuh Jadi Kebal Virus Corona?

Untuk membantu memaksimalkan nutrisi harian, Anda bisa mencoba untuk memakan dalam porsi yang lebih kecil namun sering. Anda bisa memakan 4 sampai 5 kali dalam sehari.

Jika Anda kehilangan indera perasa, Anda juga bisa mencoba beberapa makanan dengan rasa yang kuat, seperti pedas dan manis. Pastikan mengonsumsinya secara perlahan untuk membantu mengembalikan indera perasa yang hilang.

Itu dia makanan yang harus dikonsumsi setelah sembuh dari Covid-19 untuk membantu proses pemulihan Anda. Semoga segera pulih dan sehat selalu, ya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com