Kompas.com - 07/07/2021, 20:45 WIB
Ilustrasi. shutterstockIlustrasi.

KOMPAS.com - Saat gigi susu mulai tumbuh di mulut anak yang biasanya terjadi di usia 6 bulan, saat itulah gigi tersebut sudah mulai harus dibersihkan dengan cara menyikat gigi secara teratur, setiap pagi setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Spesialis Kedokteran Gigi Anak drg. Theresia Dhearine Pratiwi, Sp.KGA mengatakan, pemakaian pasta gigi dapat dilakukan sejak awal menyikat gigi anak yang sudah tumbuh.

Pasta gigi yang mengandung fluoride adalah pasta gigi yang dianjurkan untuk digunakan sejak awal menyikat gigi, karena fluoride sudah diperlukan untuk mengurangi risiko terjadinya lubang gigi pada anak,” jelas drg. Theresia kepada Kompas.com.

Baca juga: Viral Video Dokter Sebut Menyusu Pakai Dot Sebabkan Gigi Anak Busuk, Begini Penjelasan Ahli

drg. Theresia Dhearine Pratiwi, Sp. KGA
Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak
RS Pondok Indah ? Bintaro JayaRS Pondok Indah drg. Theresia Dhearine Pratiwi, Sp. KGA Dokter Gigi Spesialis Kedokteran Gigi Anak RS Pondok Indah ? Bintaro Jaya

Namun demikian, drg. Theresia mengingatkan, jumlah pasta gigi yang digunakan harus disesuaikan dengan kemampuan anak, apakah anak sudah bisa berkumur atau belum.

“Jika anak belum dapat berkumur, banyak pasta gigi yang digunakan hanya selapis tipis (smear size) atau sebesar beras, dan jika sudah bisa berkumur pasta gigi yang digunakan sebesar kacang polong (pea size),” ujarnya.

Dokter gigi yang praktik di RS. Pondok Indah Bintaro Jaya ini menyebutkan, kesehatan gigi anak terutama pada anak yang belum bisa menyikat gigi sendiri, dapat dijaga dengan cara menghindari camilan yang manis dan lengket, memperbanyak konsumsi air putih, penyikatan gigi secara teratur dengan pasta gigi fluoride setelah sarapan pagi dan malam sebelum tidur oleh orangtua atau pengasuh.

“Selain itu, menghilangkan kebiasaan buruk seperti mengemut makanan, mengisap jari, dan tidak lupa rutin memeriksakan gigi anak ke dokter gigi spesialis kedokteran gigi anak setiap 6 bulan sekali,” pungkasnya.

Baca juga: 8 Penyebab Sariawan, Bisa Jadi karena Pasta Gigi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.