Kompas.com - 07/07/2021, 19:31 WIB


KOMPAS.com - Kelangkaan tabung oksigen akibat lonjakan kasus Covid-19 pasien dengan saturasi oksigen rendah, terlambat mendapat pertolongan. Ada beberapa cara untuk menjaga saturasi oksigen pada pasien Covid-19 saat menjalani isolasi mandiri di rumah.

Lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia menyebabkan tabung oksigen menjadi barang langka, jika pun ada, maka harga tabung oksigen akan dipatok sangat mahal.

Tabung oksigen ini menjadi penting bagi pasien yang mengalami gejala sedang hingga berat, dengan kondisi kekurangan oksigen atau hipoksia.

Jika Anda mengalami happy hypoxia, maka Anda harus segera mendapatkan bantuan oksigen, agar tubuh masih kembali berfungsi dengan baik. Nilai saturasi oksigen di bawah normal apabila nilainya di bawah angka 94, yang dikategorikan hipoksia atau kekurangan oksigen. 

Sementara, nilai normal saturasi oksigen menunjukkan seberapa baik fungsi paru-paru, jantung, dan sistem peredaran darah.

Kadar oksigen atau saturasi oksigen pada orang normal adalah berkisar 95 sampai 100 persen. Artinya, hampir semua sel darah merah dapat mengangkut oksigen dan tidak ada hambatan dalam sistem peredaran darah. 

Baca juga: Isolasi Mandiri, Berapa Kadar Saturasi Oksigen Normal pada Pasien Covid-19?

 

Demikian pula sebaliknya, jika pasien Covid-19 yang mengalami hipoksia dan tidak segera diberi bantuan alat bantu napas tambahan untuk meningkatkan saturasi oksigen, maka dapat berakibat fatal yaitu meningkatnya risiko kematian pada pasien tersebut.

Namun, dengan kondisi langkanya tabung oksigen saat ini, apa cara yang bisa dilakukan pasien untuk dapat meningkatkan saturasi oksigen di dalam tubuhnya?

Saturasi oksigen adalah kadar oksigen dalam darah. Kadar ini bisa diukur dengan menggunakan alat oksimetri. Penggunaannya pun cukup sederhana, yakni hanya dengan menjepitkan alat tersebut ke ujung jari selama beberapa detik, Anda akan mendapatkan angka saturasi oksigen. 

Darah akan mengantarkan oksigen ke seluruh sel di dalam tubuh. Oksigen sangat penting bagi sel untuk mengganti sel yang rusak, memberi asupan energi, mendukung sistem imun, dan berbagai manfaat lainnya. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kadar oksigen di dalam darah.

Cara menjaga saturasi oksigen

Cara menjaga saturasi oksigen pada pasien Covid-19 agar tetap normal sangat bergantung terhadap tiga hal. Tiga hal tersebut adalah kadar oksigen di udara yang dihirup, fungsi paru, dan sistem peredaran darah yang optimal. 

Baca juga: Positif Covid-19, Begini Cara Meningkatkan Saturasi Oksigen dari Rumah

Halaman:


Video Pilihan

Sumber WebMD
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.